Sudah Sampai di Pulau Morotai? Jangan Lupa Singgahi Pulau Dodola Ini

10 Bali Baru

0
53
Pulau Dodola disebut sebagai surga di Maluku Utara. (foto: Pemkab Pulau Morotai)

Jika Anda berkunjung ke Pulau Morotai di Provinsi Maluku Utara, sempatkanlah ke Pulau Dodola. Karena keindahannya, pulau ini disebut-sebut sebagai mutiara di bibir pasifik.

Wilayah Maluku Utara dianugerahi oleh keindahan pulau yang luar biasa, Pulau Dodola adalah salah satunya. Bahkan, pemerintah setempat berani menggaransi jika kecantikan pulau tak berpenghuni ini akan membuat traveler bertekuk lutut. Keindahannya akan membuat Anda diam dan terus menggaguminya.

Akses menuju pulau yang digelari sebagai surga ini terbilang mudah. Dari Pulau Morotai, tepatnya Kota Daruba, traveler bisa menyewa speedboat untuk menuju ke sana. Ada baiknya Anda menghubungi Dinas Pariwisata setempat untuk mendapatkan informasi terkini mengenai harga penginapan dan transportasi menuju ke sana.

Sebagai informasi, sewalah speedboat seharian kendati harganya lebih mahal. Sebab, traveler bisa mengelilingi pulau-pulau eksotik yang saling berdekatan jaraknya.

Pulau Dodola terdiri dari Dodola Besar dan Dodola Kecil yang satu sama lain berjarak sekitar 500 meter. Adakah keuinikannya? Tentu saja. Kedua pulau itu akan terpisah saat air pasang dan kembali menyatu saat air laut sedang surut.

Keindahan Pulau Dodola dari atas. (foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Tetapkan tujuan traveler ke Pulau Dodola saat pukul 10.00 hingga 19.00 waktu setempat. Di saat itulah air surut terjadi sehingga Anda akan dapat menyaksikan hamparan pasir putih dari Dodola Besar menuju Dodola kecil dengan kecipak ombak kecil yang bersahabat. Anda akan serasa berjalan di atas kristal dengan warna yang memesona paduan air laut dan pantulan langit biru.

Apakah Anda berhasrat untuk menikmati romansa di Pulau Dodola? Persiapkan dengan baik akomodasi selama di sana. Ada sejumlah cottage yang disewakan bagi para traveler oleh Dinas Pariwisata setempat.

Oh iya, Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Keindahan bawah lautnya tidak kalah menawan, tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini.

Tidak hanya itu saja, menurut laman resmi Pemda Kabupaten Pulau Morotai, terdapat beberapa kapal dan pesawat perang yang karam. Sebab, Morotai pernah menjadi tempat peperangan antara Jepang dan sekutu pada Perang Dunia Kedua. (*)

 

LEAVE A REPLY