Soto Ledokan Kartasura, Legendanya Soto Solo

0
83
Soto legendaris yang berada di ledokan jalan (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Soto Ledokan yang terletak di Jalan. A. Yani No.3, Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Solo memang sudah menjadi legenda soto daging sapi yang begitu enak dan terkenal. Bahkan mendiang Gus Dur dan kerabatnya pernah mampir untuk mencicipi enak dan segarnya soto ini.

Saking terkenalnya, mendiang reporter kuliner Bondan Winarno pun pernah juga menelisik sensasi rasa sotonya. Soto ini dinamakan “Ledokan,” karena dikenal oleh masyarakat, bertempat di bawah jalan raya, atau orang mengatakannya dengan ledokan (semacam cekungan).

Segarnya rasa sootnya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Konon, Soto Ledokan sudah merintis bisnis sotonya sejak tahun 1954 di area ledokan di jalan raya ramai dekat Pasar Kartasura ini. Travel Today Indonesia menyambangi bagaimana sensasi Soto Ledokan ini. Warungnya, dari dulu hingga kini, tetap sama, tidak pernah dipugar, sehingga orang tetap merasakan suasana yang sudah dikenal sejak lama. Bahkan, dari generasi ke generasi, para pelanggan pun tetap setia menyambangi rutin soto ini.

Jika Anda beruntung, kadang di Soto Ledokan ini ada musisi jalanan yang menyanyikan lagu-lagu kenangan dan lagu-lagu balada ala komunitas jalanan Solo. Setiap hari, soto ini membuka warungya dari pukul 06.00 pagi hari hingga malam sekitar pukul 19.00. Tentu, dengan dibuka pagi jam 06.00, banyak orang yang menyempatkan sarapan dahulu di soto enak ini.

Panorama sajian soto tempo dulu (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Soto Ledokan memang sudah menjadi soto legendaris sejak zaman dulu. Namun, entah mengapa, soto ini tetap tidak pernah mengembangkan ulang warungnya, bahkan membuat franchise atau waralaba dimana-mana. Padahal, sudah banyak sekali pelanggan yang fanatik mampir dan menikmatinya.

Rasanya yang enak dan segar dengan tirisan daging sapi yang empuk, kadang mengingatkan dengan khasanah soto segar khas Boyolali. Jika soto segar Boyolali membuka banyak waralaba, namun Soto Ledokan tetap mempertahankan kesegaran sotonya bagi kalangan masyarakat Kartasura, Solo dan sekitarnya.

Warung yang masih tetap sederhana dari dulu hingga sekarang (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Maka, jika Anda penasaran dengan kesegaran Soto Ledokan ini, perlahanlah ketika Anda berjalan menuju Kota Solo, tepatnya di daerah Pasar Kartasura. Tepatnya, setelah pertigaan putaran besar jalur Solo, Jogja, Semarang yang menuju ke Boyolali dan Delanggu, sekitar 200 meteran akan ada warung di bawah ledokan yang di bawahnya berada Soto Ledokan itu.

LEAVE A REPLY