Sombori, Raja Ampat di Sulawesi yang Jadi Radar Wisata

0
286
Ini Raja Ampat di Sulawesi Tengah, Sombori! (Foto: travelingyuk.com)

Tak hanya Labengki, Pulau Sombori ternyata juga disebut sebagai Raja Ampatnya Sulawesi. Pulau eksotis ini diam-diam mencuri perhatian Traveler dan mulai menjadi radar wisata. Terkadang Traveler juga menyebutnya sebagai gugusan pulau perawan yang tak kalah cantik dengan Raja Ampat Atau Pulau Mandeh. Wow!

Sombori sendiri merupakan nama kawasan konservasi dengan luas 41.342 Ha. Kawasan ini dijadikan sebagai tempat wisata bahari dengan nama Taman Wisata Sombori yang masuk wilayah Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Hampir seluruh warga di sana merupakan Suku Bajo. Suku ini terkenal dengan kehidupan nomaden, di mana hidup mereka di lautan dan suka berpindah-pindah serta berkelana ke mana saja.

Selain warga, kepulauan ini juga sering dihampiri nelayan sebagai tempat berlindung dari cuaca buruk karena lokasi yang strategis.

Medan yang Menantang

Wah, pemandangan bawah airnya luar biasa! (Foto: www.pegipegi.com)

Lokasi Sombori tak jauh dari Pulau Koko. Namun, untuk naik ke atas bukitnya ternyata tidak mudah. Medannya cukup menantang untuk dilalui. Saking sulitnya, perlu dibantu menggunakan tangga untuk memanjat ke atas.

Seperti dalam ulasan detikTravel, bukitnya tidak tinggi, tapi jalur mendakinya yang sulit dan berbahaya karena batu-batuan yang tajam dan rawan longsor.

Namun, setelah sampai puncak, semua kesulitan dan penderitaan bakal terbayar lunas. Pemandangan yang luar biasa indah dengan latar gugusan pulau-pulau dan laut jernih yang biru sungguh menghilangkan semua rasa letih.

Pemandangan Raja Ampat

Pemandangan bersahaja. (Foto: www.jelajahsultra.com)

Sesampainya di Sombori, Anda wajib untuk berfoto di puncak keindahannya, sebab itulah ikon terkenal pemandangan Raja Ampat-nya. Jadi, Anda bakal rugi bila melupakan momen itu.

Ya, Sombori memang menyuguhkan keindahan alam laut yang menawan. Pulau-pulau mungil yang menyembul di antara birunya laut menjadi pemandangan unik yang bisa dinikmati. Meski dikelilingi pulau karang, namun tempat ini juga menyimpan pantai dengan pasirnya yang putih dan lembut.

Oh, ya. Lagi-lagi anugerah sempurna dapat dilihat para penyuka snorkeling lho. Begitu banyak spot luar biasa yang biasa dipakai untuk menyaksikan keindahan bawah laut Pulau Sombori.

Keren kan,  Traveler?

Intip Raja Ampat Lain? :Pulau Labengki; ‘Raja Ampat’-nya Sulawesi yang Bikin Takjub

LEAVE A REPLY