Sofyan Hotel Milik Keluarga Marshanda, Pionir Hotel Syariah di Indonesia Lho!

0
898
Foto: Booking.com

Hotel Sofyan milik keluarga Marshanda ini cukup populer namanya sebagai hotel yang mengusung konsep syariah lho. Maka jelas saja, hotel yang didirikan di tahun 1970 ini termasuk pionir dalam tatanan hotel syariah yang tumbuh di Indonesia.

Prinsip Islami dalam hal melayani tamu benar-benar diterapkan. Hotel Sofyan tidak melayani tamu yang bukan pasangan suami-istri alias bukan muhrim lho.

Selain itu, tidak seperti hotel pada umumnya, hotel ini tak menyuguhkan minuman beralkohol dan makanan mengandung babi atau makanan non halal.

Nah, ini bisa merupakan pilihan tepat bagi Traveler Muslim menginap di hotel syariah bersama keluarga.

Foto: xelexi.com

Sejarah Hotel Sofyan

Adalah almarhum Sofyan Ponda, kakek dari Marshanda, si pemilik jaringan Hotel Sofyan. Hotel berbasis syariah ini memang menjadi yang pertama di Indonesia.

Kisahnya terjun ke dunia bisnis penginapan dimulai setelah Sofyan Ponda berhenti sebagai pegawai negeri di tahun 1970. Tadinya Sofyan seorang pegawai Departemen Keuangan.

Rumahnya di Menteng ia manfaatkan sebagai indekos. Barangkali ini yang menginspirasinya dan memutuskan untuk berbisnis penginapan dengan mendirikan sebuah hotel.

Soyan Ponda, putra Minangkabau ini, di tahun 1979 sempat berkongsi dengan Amir Rasydin Datuk Basa. Lalu berdirilah Hotel Menteng I, II dan III.

Foto: sofyanhotel.com

Bertahan selama empat tahun, mereka pecah kongsi aliat tak lagi menjalin hubungan kerja sama. Hingga didirikanlah Sofyan Hotel Corporation, oleh Sofyan sendiri.

Kini hotel ini dikelola oleh Riyanto Sofyan, paman dari Marshanda sendiri.

Prestasi Sofyan Hotel Betawi

Prestasi luar biasa ditorehkan Sofyan Hotel Betawi di tahun 2015. Prestasi diraih dalam ajang World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 yang dilaksanakan di Abu Dhabi, UEA, 19-21 Oktober 2015.

Tak mian-main, Hotel Sofyan lewat Sofyan Hotel Betawi-nya berhasil menyabet penghargaan kategori World’s Best Family Friendly Hotel.

Dalam ajang WHTA 2015 itu, Indonesia bersaing ketat dengan banyak negara lho. Malaysia, Turki, dan Uni Emirat Arab menjadi yang terberat.

Berbagai fasilitas hotel pada umumnya seperti TV, Internet, restoran, bar, dan sebagainya ada di sana, termasuk pusat kebugaran dan layanan pijat juga ada di sana.

LEAVE A REPLY