Siap-Siap Ya, Surabaya Akan Punya Gedung Pusat Kesenian Sekelas Broadway

0
251
Pertunjukan Ludruk, seni tradisi yang menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Timur. (foto: indonesiakaya.com)

Gedung pusat kesenian Surabaya sekaliber Broadway tengah dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Wali Kota Surabaya mengaku tengah menyiapkan desain yang menarik untuk gedung pusat kesenian yang nantinya berada di pertokoan Hi-Tech Mall Jalan Kusuma Bangsa.

Seperti dikutip dari Antara, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak hanya merencanakan gedung itu sebagai pusat kegiatan seni atau pagelaran.

“Lantai satu untuk anak-anak latihan. Jadi setiap hari latihan. Mereka bisa main drama, main musik, main tari dan lainnya,” katanya di Surabaya (15/12/2017).

Sementara itu di lantai dua, lanjut Risma, akan dibuatkan tempat latihan bagi pelaku seni profesional. Kemudian, lantai tiga dibuat seperti di Broadway dengan adanya pentas dan lain-lain.

Komitmen bagi kesenian rakyat

Pada kesempatan itu Risma juga menyatakan Pemkot Surabaya memiliki komitmen menyediakan ruang bagi pelaku kesenian rakyat di Surabaya untuk mengekspresikan kreativitasnya. Tak lupa ia menyebutkan, termasuk seni ludruk yang memang merupakan salah satu ikon seni rakyat.

Selain itu, Risma pun peduli kepada keberlangsungan seni tradisional melalui anak-anak. Menurutnya, penting untuk mengenalkan kesenian rakyat kepada anak-anak. Selain demi menumbuhkan cinta terhadap kesenian rakyat, juga memberikan wawasan serta mendorong minat anak-anak yang memang punya bakat berkesenian.

Modern tanpa melupakan tradisi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya Widodo Suryantoro sebelumnya mengatakan pembangunan gedung kesenian akan mulai dikerjakan tahun 2018.

Widodo melanjutkan, nantinya gedung kesenian itu akan ditampilkan secara modern mulai dari, fasilitas gedung, kolaborasi beberapa alat musik lawas, pertunjukan ludruk, wayang dan pantonim.

“Semua akan diramu dengan konsep teknologi modern, namun tetap tidak meninggalkan budaya lama,” katanya memungkas pembicaraan.

LEAVE A REPLY