Seru! Vegan Culinary Festival 2018 Bakal Bidik Komunitas Vegetarian

0
148
Foto: cookingforluv.com

Tunggu saja, Vegan Culinary Festival 2018 akan berlangsung di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat, pada 23-25 Maret 2018. Ajang ini membidik segmen wisatawan dari komunitas vegetarian.

Festival ini juga diharap bisa memperkenalkan dan mempromosikan aneka makanan berbasis nabati nusantara kepada wisatawan.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (6/3), mengatakan pihaknya memberikan dukungan terhadap ajang Vegan Culinary Festival 2018 mengingat segmen wisatawan yang memerlukan layanan vegetarian cukup tinggi.

Konferensi pers Vegan Culinary Festival 2018 di Gedung Kementerian Pariwisata, Selasa (6/3/2018). (Foto: Suara.com/Firsta Nodia)

Komunitas Vegetarian Dunia Makin Berkembang

“Indonesia kaya dengan berbagai tanaman yang bisa menjadi bahan pangan vegetarian dan ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisman ke Indonesia khususnya komunitas masyarakat vegan dari seluruh dunia,” kata Pitana seperti dilansir Republika.

Festival yang diinisiasi oleh Indonesia Vegetarian Society (IVS) itu merupakan rangkaian acara “Earth Day Vegan Festival & Forum 2018”.

Komunitas vegan merupakan mereka yang tidak mengkonsumsi produk hewani dan turunan dengan berbagai alasan khusus.

Menurut Pitana, hal itu semakin potensial mengingat wisatawan dari komunitas vegetarian dan vegan di Indonesia dan mancanegara semakin banyak dan terus berkembang.

“Dari laporan Indonesia Vegetarian Society, tercatat lebih dari 1.000an rumah makan vegetarian dan vegan dalam berbagai skala tumbuh di Indonesia,” katanya.

Kenalkan Pola Makan Sehat

Sekjen IVS Susianto pada kesempatan yang sama mengatakan Vegan Culinary Festival 2018 diharapkan dapat menjadi media untuk memperkenalkan pola makan sehat berbasis nabati kepada masyarakat.

“Acara ini kami harapkan dapat menjadi upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang manfaat gizi kacang-kacangan sebagai bagian dari produksi pangan yang berkelanjutan dan bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi,” katanya.

Melalui kegiatan festival itu pula, pihaknya berharap dapat memperkenalkan pola makan yang sehat sekaligus mengkampanyekan gaya hidup yang ramah lingkungan dengan beralih ke pangan nabati.

Rangkaian kegiatan Earth Day Vegan Festival & Forum 2018 sendiri meliputi festival kuliner vegan nusantara, Green Speech Competition, Fashion Show dengan material berbahan dasar barang bekas, Parenting & Vegan Talk Show, Flash Mob oleh International Nature Loving Association, Art Performance, dan hiburan.

LEAVE A REPLY