Seram Namun Cantik, Pesona Batu Tara di Tanah Lembata

0
512
Foto: www.mirror.co.uk

Tak mudah dimengerti, bagaimana sebuah pulau kecil tumbuh karena gunung api yang masih aktif, dan memiliki pesonanya tersendiri. Ya, Batu Tara di Tanah Lembata, NTT. Nampak seram, namun tentu saja cantik alami.

Bagaimana tidak,  Batu Tara adalah gunung api aktif yang terletak sekitar 50 km dari Pulau Lembata. Seram karena secara rutin, ia mengeluarkan lava setiap 20 menit sekali dari tengah Laut Flores.

Gunung ini terletak di Pulau Komba, berlokasi kurang lebih 70km dari Pulau Lembata ke arah Timur Laut. Biasanya wisatawan menuju ke sana saat hari masih gelap.

Sekitar Lembata:Menteri Susi Bilang, Lembata itu Surga Kecil di Timur Indonesia Lho!

Pesona Pijar Lava

Sekitar pukul 2.00 tengah malam waktu NTT, kapal boat akan berangkat mengarungi Laut Flores meninggalkan Pelabuhan Lewoleba Lembata. Dengan perjalanan sekitar 2 sampai 3 jam, Anda bisa menyaksikan momen menakjubkan pesona letusan lava Gunung Batu Tara.

Waduh, bahaya tidak ya? (Foto: phinemo.com)

Sesampainya di tempat tujuan, seperti pengalaman geospotter.org, Anda akan dibuat terpana dengan alam yang memukau. Dalam kesenyapan, Gunung Batu Tara yang menjulang di tengah laut itu meletup. Pijarnya saat malam hari ternyata dapat memberikan satu pemandangan menakjubkan.

Seperti kembang api yang sangat cantik, letupan lava itu seolah membebaskan dirinya, dengan gerak api dan teriakan. Ya, para wisatawan akan dibuat sulit berkata-kata. Rasa takut menghilang, yang ada hanya kekaguman yang megah. Spektakuler.

Pasir lava yang menyembur, tumpah menuju lautan. Amat indah.

Panorama Punggung Pulau Komba

Saat matahari menerbitkan sinarnya, pagi-pagi di Pulau Komba menjadi suguhan panorama baru lagi yang berbeda. Seperti sedang menonton film, pemandangan yang kontras antara kini dan sebelumnya, memberi suguhan yang amat dramatik dan melankolik.

Sekitar Batu Tara yang asyik untuk snorkeling. (Foto: phinemo.com)

Bagian punggung Pulau Komba sangatlah indah. Pepohonannya lebat, bebatuannya bagus sekali. Terdengar  suara-suara burung yang amat banyak. Di langit, seekor elang terus saja hilir-mudik seakan mengintai Gunung Batu Tara dab Pulau Kombanya.

Anda bisa sepuasnya mengambil foto bawah laut, atau melukis sketsa pemandangan, atau merekam adegan dramatik gunung yang kerap mengeluarkan suara letusan.

Ya, betapa kerdilnya manusia, di hadapan keagungan ciptaan yang Maha Dahsyat.

Hidden Paradise Lho!: Lembata, Surga yang Tersembunyi di Gugusan Pulau Flores

LEAVE A REPLY