Sentuhlah Danau Gunung Tujuh, Danau Tertinggi di Asia Tenggara

0
60
Foto: pesonajambiofficial.blogspot.co.id

Sentuhlah Danau Gunung Tujuh itu, danau tertinggi di Asia Tenggara. Niscaya akan memberi pengalaman spiritual luar biasa bagi Anda pencinta alam.

Traveler, Anda senang mendaki gunung?  Nah, Danau Gunung Tujuh ini akan menjadi pengalaman yang akan membekas dalam hidup Anda. Bagaimana tidak, danau ini memiliki pesona keunikan yang tak bisa disangkal siapapun.

Terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, danau ini membutuhkan tantangan tersendiri untuk mencapainya.

Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, yang masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Memang, letaknya di belakang Gunung Kerinci.

Kisah Misteri Danau Gunung Tujuh

Segala kisah misteri justru menjadi magnet Traveler. (Foto: www.kerinciparadise.com)

Ada tiga kisah misteri di danau ini menurut simomot.com. Pertama, misteri Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti yang mengisahkan bahwa terdapat dua makhluk halus yang menjaga danau,  yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti. Keduanya memiiliki pengikut yang kesemuanya berwujud harimau.

Kisah berikutnya tentang sepasang naga yang menghuni danau ini. Naga jantan menghuni danau dan naga betina menghuni hulu sungainya.

Kisah ketiga yaitu tentang orang pendek. Di danau ini juga, dikabarkan hidup orang pendek kaki terbalik, yang selama ini sudah melegenda. Orang pendek yang dimaksud adalah makhluk kecil setinggi 50 cm yang bentuknya kombinasi manusia dan orang utan.

Ia tidak berekor, tapi telapak kakinya menghadap ke belakang. Beberapa penduduk mengaku pernah melihatnya, tapi makhluk itu menghilang secepat kilat.

Pesona Keunikan Danau Gunung Tujuh

Sesuai namanya danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis Lumut, Gunung Selasih, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh itu sendiri.

Di beberapa gunung ini terdapat sumber air, yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis.

Keindahan yang tak dapat disangkal, menerbitkan pengalaman spiritual tersendiri. (FOTO: Antara/Wahdi Septiawan)

Memiliki kondisi alam yang masih alami, sebab memang belum banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata di Pulau Sumatera ini.

Pesona keunikan lain danau ini, dalam gosumatra.com, panorama keindahan alami dan berhawa sejuk, karena berada di daerah pegunungan. Mirip seperti Telaga Sarangan yang ada di Pulau Jawa.

Airnya yang jernih akan membuat mata Anda terasa segar, bahkan Anda bisa menjelajah danau ini, dengan menyewa perahu dari masyarakat di sekitar danau, yang juga berprofesi sebagai nelayan.

Di sekitar danau, terdapat beberapa tempat dengan hamparan pasir layaknya berada di pantai. Tempat tersebut, biasanya digunakan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam di danau ini.

Mereka sengaja bermalam di tempat tesebut, karena ingin melihat pesona matahari terbit di Danau Gunung Tujuh. Ya, satu lagi keunikannya, pemandangan sunrise luar biasa!

LEAVE A REPLY