Sensasi Pulau Kemaro Palembang

0
466
Pulau Kemaro Palembang, bukan karena pulau ini ada di tengah lautan, namun pulau yang berada di aliran sungai Musi. (foto: anekatempatwisata.com)

Palembang bukan hanya kota empek-empek. Kota palembang ini juga menawarkan pesona wisatanya yang menawan. Pulau Kemaro adalah salah satu wisata menarik di kota Palembang ini. Kemenarikan Pulau Kemaro Palembang, bukan karena pulau ini ada di tengah lautan, namun pulau yang berada di aliran sungai Musi.

Dalam laman jalanjalanyuk.com, di Pulau Kemaro terdapat sebuah kelenteng Budha yang begitu elok rupawan, apalagi didukung dengan bangunan Pagoda berlantai 9. Di setiap perayaan Cap Go Meh, masyarakat keturunan Tiong Hoa di Kota Palembang ramai mengunjunginya.

Bahkan, pengunjungnya datang dari berbagai daerah di Indonesia serta mancanegara seperti Singapura, Hongkong, RRC. Tentu selain merayakan Cap Go Meh, kebanyakan pengunjung juga ingin menikmati suasana pulau yang indah di tengah aliran Sunga Musi.

Pulau Kemaro yang merupakan delta Sungai Musi, yang mempunyai situs legenda yang menarik. (foto: rainsuga.files.wordpress.com)

Dalam uasan indonesiakaya.com, Pulau Kemaro yang merupakan delta Sungai Musi, yang mempunyai situs legenda yang menarik. Situs-situas itu meliputi pagoda, makam penunggu pulau, klenteng, tempat pembakaran uang kertas, dan pohon cinta.

Konon pulau ini menyimpan seribu cerita tentang legenda cinta saudagar Tiongkok bernama Tan Bun An dengan perempuan asli Palembang bernama Siti Fatimah. Legenda yang pada akhirnya berarkhir tragis layaknya cerita Romeo dan Juliet.

Letak Pulau Kemaro yang tidak terlalu jauh dari Kota Palembang membuat tiap akhir pekan sangat ramai dikunjungi masyarakat Palembang. Tentu keindahan pulau yang merupakan delta sungai ini menjadikan liburan semakin asik dan tentu saja murah.

Letak Pulau Kemaro yang tidak terlalu jauh dari Kota Palembang membuat tiap akhir pekan sangat ramai dikunjungi masyarakat Palembang (foto: scontent.cdninstagram.com)

Anda jika mengunjunginya, akan disuguhi legenda Pulau Kemaro yang telah terkenal itu. Begitu juga, Anda juga dapat melakukan napak tilas perjalanan Tan Bun An dengan menyusuri Sungai Musi menggunakan ketek.

Untuk menuju ke Pulau Kemaro, Anda dapat menggunakan transportasi air dengan Speed Boat dari dermaga wisata Benteng Kuto Besak (BKB) atau dari bekas bangunan pabrik Intirub.

Atau Anda dapat mempergunakan ketek atau perahu sewaan yang ada di sepanjang dermaga di sekitara Jembatan Ampera. Maka, janganlah lupa jika ke Palembang, tidak hanya memburu empek-empeknya, namun kunjungilah Pulau Kemaro yang unik dan eksotis itu.

LEAVE A REPLY