Sendang Seliran, Pemandian Bersih Diri Ziarah Makam Raja Kotagede

0
33
Pintu gerbang masuk ke Sendang Seliran Kotagede (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sendang Seliran yang berada di dalam kompleks Makam Raja Kotagede, di daerah Jagalan, Banguntapan, Bantul, Jogja, merupakan salah satu dari sekian bangunan Cagar Budaya peninggalan Panembahan Senopati, Raja Mataram Islam. Sendang ini terdiri dari dua area, yaitu. Sendang Kakung di bagian barat dan Sendang Putri di bagian selatan.

Travel Today Indonesia mencoba untuk mengulik kemenarikan Sendang ini. Sendang yang memang dikhususkan untuk para peziarah membersihkan diri dahulu sebelum memasuki area makam. Bentuk bangunannya memang di desain untuk bersih-bersih diri, sehingga di tengahnya ada kolam dengan aliran air mengalir. Ada dua bangunan, yaitu Sendang kakung dan Putri. Bangunan antara Sendang Kakung dan Sendang Putri agak sama, namun ada perbedaan yang terletak pada penutupnya. Sendang Putri dilengkapi dengan penutup, sedangkan Sendang Kakung dibiarkan terbuka.

Area di sendang yang termasuk sebagai kawasan cagar budaya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Ada Hari dan Moment Tertentu Acara di Sendang Seliran ini

Biasanya, Sendang Seliran ini ramai di saat hari-hari tertentu yang dikeramatkan bagi orang Jawa, seperti malam Jumat Kliwon. Pada hari-hari tertentu ini, Sendang Seliran didatangi hingga puluhan orang per harinya. Biasanya mereka yang mandi dan bersih diri tersebut, memang ingin masuk dan berziarah ke makam Raja. Hal itu dikarenakkan, mereka yang akan berziarah ke makam Raja, diwajibkan bersih diri dan mempergunakan baju adat Jawa.

Kadang yang bersih diri di Sendang Seliran tidak hanya peziarah, namun ada turis dari mancanegara yang ingin mencoba dan merasakan sensasi wisata peziarahan yang mempunyai suasana mistik Jawa ini.  Dalam  momen tertentu pun, Sendang Seliran mempunyai semacam prosesi “nawu sendang,” semacam kegiatan membersihkan sendang. Biasanya upacaranya diselenggarakan dengan kirab budaya. Acara tersebut, biasanya terbuka untuk umum dan menjadi semacam event wisata yang cukup dikenal selama ini.

Sendang dengan atap Joglo, di dalamnya ada air untuk berbersih diri (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Maka, jika Anda, berkesempatan berwisata ke Kotagede Jogja, jangan lupa sempatkanlah untuk mampir dan melihat asri dan mistisnya Sendang Seliran yang menjadi satu kompleks dengan makam para Raja Mataram di Kotagede ini. Jika Anda ingin masuk ke area makam, diwajibkan juga Anda untuk mempergunakan baju adat. Biasanya juga diminta untuk bersih diri di Sendang Seliran tersebut.

LEAVE A REPLY