Sekoteng Susu Jahe, Teman Jalan Malam di Bandung

0
1182
Semangkuk sekoteng yang hangat dengan susu, jahe, roti tawar dan kolang-kaling yang enak (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sekoteng Susu Jahe memang menjadi salah salah satu kuliner malam yang sering menjadi tambatan para anak nongkrong di Bandung. Di berbagai sudut dari kawasan Jalan Cibadak, Astanaanyar hingga Jalan Cikapundung, serta Asia Afrika Bandung tentu banyak Anda temui para penjual sekoteng ini. Travel Today Indonesia menyempatkan untuk mencicipi hangatnya minuman yang sudah dikenal lama ini di Bandung.

Para penjualnya biasanya mempergunakan gerobak atau pikulan khas dengan dilengkapi botol beling yang menyajikan kelezatan minuman ini. Jika di Jawa Tengah, Jogja dan sekitarnya, minuman sekoteng ini mirip dengan ronde.

Namun, untuk di Bandung ini, sekoteng ditambahkan rasa jahe dan susu yang dipadu dengan manisan kolang kaling, irisan roti tawar dan kacang sangrai, kacang hijau dan pacar cina yang membuatnya hangat dan enak.

Gerobak dengan botol kaca yang khas untuk menyajikannya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Minuman Asimilasi Tiongkok

Tentu, minuman Sekoteng Susu Jahe ini merupakan kuliner minuman yang memang asalnya merupakan perpaduan dari budaya Jawa Nusantara dengan budaya Tionghoa. Konon, kata “sekoteng” berasal dari istilah bahasa Hokkian “su ko thung” atau “si guo tang” yang berarti sup buah-buahan.

Maka, banyak orang yang sering menghubungkan minuman sekoteng ini dengan wedang ronde di Jawa Tengah. Disamping mempunyai bahan baku yang hampir sama, konon asalnya juga sama dipengaruhi oleh budaya asimilasi Tiongkok.

Sekoteng Susu Jahe di Bandung  menjadi salah satu minuman favorit yang merakyat. Modelnya yang termasuk street food, membuatnya menjadi salah satu minuman yang tak lekang oleh desakan berbagai produk minuman lainnya.

Ada Juga Es Sekoteng

Sejak semula, memang Sekoteng Susu Jahe ini lazim dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh. Disamping rasa jahe dan susunya yang menyehatkan, namun juga kolang-kalingnya yang membuatnya semakin enak. Namun, di Bandung juga dikenal adanya kuliner khas yang juga dinamakan Es Sekoteng.

Walaupun mempunyai nama yang sama, namun dalam hal isi antara Sekoteng Susu Jahe dan Es sekoteng ada perbedaan yang mendasar. Es sekoteng bisanya dicampur dengan berbagai macam jenis bahan buah-buahan, potongan agar-agar dan bahan yang lainnya yang mirip dengan es campur.

Sekoteng Jahe yang berada di kawasan kuliner Jalan Cibadak (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Sedangkan Sekoteng Susu Jahe lebih cocok dengan hangat karena rasa jahe yang telah memberikan cita rasa tersendiri. Maka, jika ke Bandung, jangan lupa cicipi Sekoteng Susu Jahe yang berada di beberapa sudut Kota Bandung ini, dijamin, malam Anda di Bandung semakin meriah.

LEAVE A REPLY