Segarnya Soto Pak Marto Taman Sari

0
530
Soto Pak Marto merupakan soto daging yang segar, khas sotonya Yogya (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Soto Pak Marto yang terletak di Jalan Mayjend S. Parman atau di sekitar kawasan Taman Sari Yogyakarta merupakan salah satu soto yang menjadi perhatian para wisatawan atau para pemburu kuliner di Yogyakarta. Soto Pak Marto dikenal segar dan menyajikan khasanah soto daging dengan berbagai pilihan babat, paru, rempelo ati, usus dan berbagai jeroan yang mengundang selera.

Suasana di warung Soto pak Marto yang khas model soto tempo dulu (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Soto Pak Marto merupakan soto khas Yogya yang bening dengan kunir dan kesegaran sayuran kubis dan seledri yang melezatkan. Soto Pak Marto bukanlah soto ayam, melainkan soto daging sapi yang mengajak Anda merasakan khasanah soto Yogya. Soto Pak Marto buka setiap harinya dari pukul 06.00 hingga kurang lebih pukul 11.00 siang.

Ramainya pelanggan Soto Pak Marto, apalagi ketika hari libur atau musim liburan menyebabkan  Anda harus lebih pagi untuk mendatanginya. Menjelang siang, biasanya sajian berbagai lauk dari babat hingga paru di Soto Pak Marto sudah habis. Sajian babat, paru, dan rempelo ati merupakan menu sajian tambahan yang dapat dipilih sesuai selera Anda.

Sajian babat, paru, rempelo ati yang membuat Soto Pak Marto semakin lesat (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Biasanya, ketika Anda memesan satu porsi mangkuk soto daging, Anda akan ditawari tambahan menu paru, babat atau rempelo ati untuk lauk pengiringnya. Harga satu porsinya Soto Pak Marto adalah Rp. 12.000. Jika Anda menginginkan menu tambahan babat, pari, atau rempelo ati, Anda harus mengeluarkan kocek lagi per porsinya sekitar Rp. 12.000 dalam satu macam.

Kecap Cap Jago yang membuat Soto pak Marto terasa menyajikan aroma tempo dulu (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Suasana di Soto Pak Marto memang dibangun dengan jendela berjeruji  khas warung soto tempo dulu. Bahkan, sajian kecapnya mempergunakan kecap Cap Jago dengan botol yang mengingatkan orang pada suasana Yogya perjuangan.  Di Soto Pak Marto, Anda juga disuguhi macam ragam gorengan dan makanan tradisional Yogyakarta, seperti klepon, cotot dan kue lapis.

Soto Pak Marto yang terletak di seputar Taman Sari Yogyakarta (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Soto Pak Marto sekarang sudah dikelola dan diteruskan oleh para anak-anaknya. Ada beberapa cabang yang dikelola oleh enam putra-putrinya, antara lain yang berada di Condong Catur, Depok Sleman dan daerah Kabupaten Bantul.

LEAVE A REPLY