Sate Kere Kotagede, Sate Murah yang Sensasional

0
703
Sate Kere menjadi salah satu kuliner Kotagede yang memang dicari oleh banyak orang karena unik dan enak (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Sate Kere merupakan kuliner rakyat yang murah meriah. Sate ini sudah terkenal sejak dulu di kalangan masyarakat Yogyakarta dan Solo. Jika Anda ingin berburu kuliner unik ini, Anda bisa menyambanginya di Pasar Legi Kotagede Yogyakarta, tepatnya di seputar Jalan Mondokaran. Biasanya, lapak Sate Kere ini buka setiap harinya pada pukul 17 sore. Murah meriahnya Sate Kere membuat kuliner satu ini diburu oleh banyak pelanggan.

Gerobak Sate Kere yang mangkal setiap harinya di Pasar Kotagede. Sate ini memang terbilang murah meriah. (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Tentu, kuliner Sate Kere ini bukanlah makanan yang terbilang sehat. Hal itu, dikarenakan bahan sate memang pantas disebut “kere” (kalangan miskin), karena biasanya sajiannya merupakan campuran tempe, jeroan, gajih, dan usus yang seharusnya disingkirkan. Di kalangan masyarakat Kotagede Yogyakarta, Sate Kere  dikenal dalam sejarahnya sebagai bentuk perlawanan dari kalangan miskin kepada para bangsawan karena kuatnya dan tekanan budaya feodal di masyarakat Jawa.

Sate Kere dikenal dalam sejarahnya sebagai bentuk perlawanan dari kalangan miskin kepada para bangsawan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Namun, dewasa ini, Sate Kere menjadi salah satu kuliner Kotagede yang memang dicari oleh banyak orang karena unik dan enak. Bahkan, ada di beberapa tempat di Kotagede, menyajikan Sate Kere yang lebih “mewah”, dengan kekhasannya akan campuran tempe dan jeroannya. Namun, kadang Sate Kere jenis ini hanya dapat ditemui di hotel atau resto khusus yang memang menyediakan.

Sate Kere memang terbilang murah meriah. Biasanya jika Anda membelinya di seputar pasar besar Kotagede, 10 tusuknya hanya Rp.5000. Maka, Anda siap-siap saja berebutan untuk lebih cepat mendapatkannya, karena menjelang malam, pasti sudah habis. Memang, sebagian besar pedagang Sate Kere hanya mempergunakan gerobak, tanpa membuka warung yang bisa untuk tempat menyantapnya. Kadang mangkalnya pun berpindah-pindah sesuai dengan ramainya pasar.

Sensasi bebakaran Sate Kere dengan bau asapnya yang khas, karena olahan gajih dan jeroan (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Sate Kere khas Kotagede, dapat menjadi salah satu kuliner yang patut Anda cari. Silahkan Anda mengunjungi Pasar Legi Kotagede, khususnya di sore hari. Maka, Anda dapat menemui beberapa pedagang Sate Kere yang mangkal, untuk menjajakan dagangannya. Dengan bau asapnya yang khas, karena bebakaran olahan gajih dan jeroan, tentu akan membuat Anda merasakan sensasi kuliner yang unik satu ini.

LEAVE A REPLY