Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo, Hanya Ada di Indonesia!

0
107
Foto: qubicle.id

Sebagai Traveler, bisa jadi Anda sudah tahu bahwa Yogyakarta punya padang pasir keren. Hmm, lebih jelas lagi, yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Bahkan Anda bisa merasakan sensasi sandboarding di Gumuk Pasir ini lho.

Memang, warga sekitar sendiri baru paham dengan fenomena gurun pasir setelah Fakultas Geografi dari Universitas Gadjah Mada mulai meneliti kawasan Gumuk Pasir Parangtritis dan mendirikan Laboratorium Pesisir Geospasial.

Sering juga tamu dari luar negeri bertandang untuk melihat daerah berpasir tersebut. Dari sanalah masyarakat sekitar menyadari bahwa tempat berpasir tersebut merupakan harta karun bagi kota Yogyakarta dan Indonesia.

Asal Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir parangkusumo merupakan salah satu dari fenomena alam yang hanya bisa ditemui di Bantul, Yogyakarta. Pasir-pasir tersebut berasal dari material abu vulkanik erupsi Gunung Merapi yang terbawa oleh aliran sungai.

Foto: qubicle.id

Dalam Kompas Travel, ada beberapa fakta unik terutama secara geologis yang membedakan Parangkusumo dengan gumuk-gumuk pasir lainnya.

Pemandu dari Jogja Geowisata, Ikramullah Sultana, mengatakan bahwa gumuk pasir adalah salah satu bentang alam yang proses pembentukannya dipengaruhi angin, terbentuk karena pasir yang menumpuk dalam jumlah besar.

Meski namanya Gumuk Pasir Parangkusumo, tulisan besar di gerbang masuknya adalah “Gumuk Pasir Barchan”. Barchan merujuk pada jenis gumuk pasir tersebut. Gumuk pasir tipe barchan memiliki ketinggian 5-15 meter.

Cocok Untuk Sandboarding

Angin dari Samudra Hindia mengukir tumpukan pasir yang lama mengendap ini. Jadilah bentang alam yang unik. Dengan ketinggian, Gumuk Pasir Parangkusumo memang cocok menjadi lokasi sandboarding.

Foto: travellingmu.blogspot.co.id

Di Asia Tenggara sedikitnya terdapat di tiga negara, yakni Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan Indonesia.

Sedangkan di Indonesia terdapat beberapa gumuk pasir yang memanjang di selatan Jawa. Namun, pembentukan paling signifikan terdapat di DI Yogyakarta.

Terdapat satu fakta yang menarik dari Gumuk Pasir Parangkusumo: tipenya barchan, tetapi iklimnya tropika basah. Hal inilah yang menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo langka.

Gumuk pasir ini bahkan seharusnya tidak terbentuk karena iklimnya yang tidak sesuai. Inilah yang membuat Gumuk Pasir Parangkusumo istimewa dan langka.

Satu-satunya tempat sandboarding di Asia Tenggara, ya memang hanya Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Wisatawan bisa menyewa papan untuk sandboarding sepuasnya. Harga sewa sudah termasuk pemandu yang sigap mengajarkan cara meluncur dari gundukan pasir lho.

Gundukan pasir yang terletak di Kabupaten Bantul ini menjadi kebanggaan warga Yogyakarta. Betapa tidak, gumuk pasir ini memang hanya ada segelintir jumlahnya di seluruh dunia!

LEAVE A REPLY