Sambangi Kontemplasi Pancasila di Taman Renungan Bung Karno Ende

0
124
Taman yang rindang, yang biasa untuk nongkrong dan berkontemplasi (Foto bp.blogspot.com)

Taman Renungan Bung Karno yang berada di Kelurahan Mautapaga, Ende Timur, merupakan taman yang mempunyai sejarah akan lahirnya lima butir Pancasila. Ditetapkan bahwa setiap tanggal 1 Juni merupakan moment kelahiran Pancasila. Dalam sejarah yang berkembang, dinyatakan bahwa Pancasila lahir dari permenungan Bung Karno ketika berada di pengasingan selama empat tahun di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Sabrina Asril dalam laman kompas.com, mengulik secara singkat keindahan sebuah pohon sukun yang menghadap langsung ke Pantai Ende sebagai tempat inspiratif bagi Bung Karno.

Tempat itu sekarang didirikan sebuah patung ketika Bung Karno merenungkan lima sila dalam Pancasila. Tempat ini sering dikenal sebagai Taman Renungan Bung Karno. Sebuah taman yang menghadap ke laut Ende, dengan pohon sukun yang menurut sejarah yang memiliki historis tentang sejarah lahirnya Pancasila ini. Pohon sukun itu berjarak 700 meter, atau tidak jauh dari dari kediaman pengasingan Bung Karno di Ende. Sudah menjadi keseharian, Bung Karno pergi berjalan sendiri ke tempat itu pada setiap Jumat malam. Di tempat itulah, Bung Karno mengaku mendapat ilham memikirkan Pancasila.

Sejarah yang Menarik dan Kontemplatif

Taman Renungan Bung Karno ini dibangun atas inisiatif Bung Karno ketika menjabat menjadi Presiden pertama di Indonesia ketika mengunjungi Ende pada tahun 1950. Bung Karno merasa perlu dibangun penanda akan pohon sukun favoritnya yang menghadap ke hamparan laut di Kota Ende ini. Pohon sukun  asli yang menjadi naungan Bung Karno saat itu telah tumbang di tahun 60-an karena termakan usia.

Lalu ditanam pohon kedua pada  tahun 1981 sebagai duplikat untuk mengenangnya. Konon pohon sukun aslinya ini tumbuh subur dengan lima cabang yang diyakini oleh masyarakat Ende sebagai perwujudan ke-lima sila dari Pancasila. Sejak tahun 1980-an, pohon sukun itu kemudian dikenal menjadi Pohon Pancasila. Walaupun pohon aslinya sudah musnah pada tahun 1970-an.

Taman yang rindang, berdekatan dengan laut, sehingga banyak yang mengunjunginya (Foto triptrus.com)

Taman Renungan Bung Karno ini berdekatan dengan lapangan Pancasila. Di tempat inilah, banyak orang yang sering mengunjungi untuk merenungkan sejarah awal inspirasi lahirnya Pancasila. Tak heran, di kota Ende, kota yang sepi ini menjadi kota Panasila, dimana telah lahir inspirasi indah mengenai lima sila.

LEAVE A REPLY