Sambangi Kebun Raya Liwa, Kebun Raya Baru yang Potensial

0
333
Taman Buahnya yang juga semakin dikembangkan (Foto explorewisata.com)

Kebun Raya Liwa yang terletak di Way Mengaku, Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, merupakan kebun raya yang terbilang masih gress, karena diresmikan baru tahun 2008. Kebun ini, merupakan proyek kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dengan Departemen Pekerjaan Umum dan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Setelah diresmikan semenjak tahun 2008, telah terjadi berbagai pengembangan, baik untuk konservasi tanaman hingga pengembangan tamannya untuk kunjungan wisata. Dalam laman resminya kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id, Kebun Raya Liwa telah memiliki area koleksi tanaman yang ditanam di beberapa area lokasi. Kurang lebih ada enam lokasi yang menjadi pengembangan tamannya.

Banyak Koleksi Tanamannya

Tanaman yang menjadi koleksinya meliputi berbagai tanaman yang dikembangkan menjadi beberapa taman tematis, seperti Taman Araceae, Taman Obat Mini, Taman Rumput Bali, dan Taman Hias. Selain itu, di Kebun Raya Liwa ini juga memiliki koleksi tanaman Anggrek yang lengkap dengan pembibitan di dalam Rumah Paranet, serta dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya.

Pemandangannya yang menarik, sejuk dan asri (Foto bp.blogspot.com)

Udara yang sejuk di Kota Liwa, membuat Kebun Raya Liwa memiliki potensi sebagai wisata taman yang favorit. Ketika setiap weekend, selalu dikunjungi berbagai kalangan untuk berjalan-jalan. Area dan kontur tanahnya yang berundak, dengan dikelilingi pemandangan pegunungan, membuat taman ini menjadi semakin menarik.

Kebun Raya yang Terus Dikembangkan

Letak Kebun Raya Liwa juga tidak terlalu jauh, karena terletak di kota dan berada berdekatan dengan lokasi rumah dinas Bupati. Berpotensi menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik, dengan luas tanah sekitar 86 ha, maka dalam beberapa tahun ke depan ini, kebun ini akan dikembangkan dengan taman yang dilengkapi mainan anak dan area-area edukatif konservasi tanaman.

Halaman muka Kebun Raya Liwa (Foto http://kebunrayadaerah.krbogor.lipi.go.id)

Tentu, sekarang ini, karena tanaman besarnya yang belum banyak bertumbuh, maka kebanyakan orang menyambangi Kebun Raya Liwa ketika di sore hari, karena jika siang masih terlalu panas. Sebagian besar masyarakat, juga menyambanginya ketika di sore hari sambil jalan-jalan. Maka, jika Anda berada di daerah Kabupaten Lampung Barat, sempatkanlah untuk menyambangi Kebun Raya Liwa yang pastinya akan berpotensi menjadi kebun raya yang menarik.

LEAVE A REPLY