Saksi Bisu Sejarah Dunia, Benteng Belgica Banda Neira

0
214
Foto: digitaloceanspaces.com

Benteng Belgica ini berada di atas perbukitan Tabaleku, barat daya-nya Pulau Banda Neira. Benteng yang merupakan saksi bisu sejarah dunia ini terletak pada ketinggian 30,01 meter dari permukaan laut.

Peninggalan bangsa Portugis, benteng ini dibangun pada abad ke 16. Lama terbiarkan, pada 4 September 1611 dibangunlah lagi sebuah benteng oleh VOC lewat perintah Gubernur Jendral Pieter Both. Fort Belgica, demikian namanya waktu itu.

Saat itu Benteng Belgica digunakan untuk menghalau perlawanan masyarakat Banda, yang menentang monopoli perdagangan pala oleh VOC.

Berbagai Keunikan Benteng Belgica

Salah satu keunikan benteng ini yaitu konsep konstruksi benteng terdiri atas dua lapis bangunan. Nah, untuk memasukinya harus menggunakan tangga, yang aslinya berupa tangga yang dapat diangkat (semacam tangga hidrolik).

Foto: backpackerjakarta.com

Seperti dilansir backpackerjakarta.com, terdapat sebuah ruang terbuka luas untuk para tahanan di bagian tengahnya. Lalu, di tengah ruang terbuka tersebut terdapat dua buah sumur rahasia lho.

Konon, sumur-sumur rahasia ini menghubungkan benteng dengan pelabuhan dan Benteng Nassau yang berada di tepi pantai.

Selain itu, benteng ini memiliki gaya bangunan persegi lima yang berada di atas bukit. Anehnya, bila dilihat dari semua penjuru, niscaya hanya akan terlihat 4 buah sisi.

Tetapi, kalau dilihat dari udara nampak seperti bintang persegi atau mirip dengan Gedung Pentagon di Amerika Serikat. Bahkan benteng ini dijuluki The Indonesian Pentagon.

Menara di Setiap Sisi

Traveler, pada setiap sisi benteng terdapat sebuah menara. Tersedia tangga agar Anda dapat menuju puncak menara. Hati-hati, karena posisi tangga nyaris tegak dan lubang keluar yang sempit.

Foto: backpeckerjakarta.com

Traveler, dari puncak tangga ini Anda dapat menikmati panorama sebagian daerah Kepulauan Banda. Birunya perairan Teluk Banda dan puncak Gunung Api yang menjulang, sampai rimbunnya pohon pala di Pulau Banda Besar.

Berjalan-jalan di sekitar benteng ini, ditambah sunset nan eksotis, sangat menyenangkan sambil membayangkan suasana masa kolonial tempo doeloe.

Nah, jika Traveler mengunjungi benteng ini, pemandangan eksotis Banda Neira akan menginspirasi Anda. Misalnya, kelompok musik Banda Neira yang lagu-lagunya puitis dan menghanyutkan itu.

LEAVE A REPLY