Sajian Taxidermy Museum Satwa Batu Malang yang Mengasyikkan

0
191
Museum Satwa, Batu, Malang. (foto: Purwono nugroho Adhi)

Wisata Batu Malang memang tak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Selain Batu Secret Zoo, disampingnya terdapat Museum Satwa yang menawarkan sajian “diorama” dengan “Taxidermy” yang mengasyikkan dan memukau untuk dinikmati.

Jika Anda pecinta seni “diorama” dan “Taxidermy”, maka Museum Satwa Batu Malang patut Anda kunjungi.

Seni diorama dan Taxidermy itu sendiri memang sudah berkembang sangat lama, khususnya di berbagai museum-museum baik yang di Tanah Air ataupun yang di Mancanegara. Biasanya sajian “diorama” dan “Taxidermy” disajikan di Museum yang menawarkan sejarah alam.

Museum Satwa yang menawarkan sajian “diorama” dengan “Taxidermy” yang mengasyikkan dan memukau untuk dinikmati. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Diorama sering ditampilkan dengan sajian yang menarik antara lukisan latar belakang dan obyek tertentu. Biasanya di museum alam, akan disajikan Taxidermy yang menghidupkan diorama.

Heidy Retnowulan dalam laman global.liputan6.com pernah mengulas mengenai seni Taxidermy. Seni Taxidermy sendiri merupakan seni dengan menyumpal tubuh hewan yang sudah mati agar terlihat hidup.

Seni ini sudah berkembang sejak zaman Mesir Kuno. Walaupun ditentang oleh para pencinta hewan, namun para pelaku seni Taxidermy tetap bersikeras bahwa apa yang mereka lakukan untuk mencintai hewan.

Sajian “diorama” dan “Taxidermy” disajikan di Museum Satwa Batu Malang yang menawarkan sejarah alam. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Namun menariknya, Ronny Noor dalam laman kompasiana.com mengulasnya bahwa saat ini dengan semakin berkembangnya taxidermy, sudah ada upaya perpaduan dengan berbagai karya seni lainnya seperti kerajinan kayu, boneka dan lukisan. Seni Taxidermy ini, sekarang ini telah menjadi trends, bahkan ada perlombannya di tingkat dunia.

Maka, jika Anda mengunjungi Museum Satwa di Batu Malang, silahkan Anda menikmati keindahan seni Taxidermy ini. Tentu seni Taxidermy yang ditampikan bukan semata-mata hanya hewan yang diawetkan, ada juga kerajinan yang memang dihias dan dirangkai layaknya hewan yang begitu hidup.

Koleksi di Museum Satwa Batu Malang. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Tentu, jika Anda melihatnya secara lebih luas, seni Taxidermy yang ditampikan di Museum Satwa, menghadirkan juga khasanah “diorama” dengan lukisan-lukisan yang begitu indah dan hidup.

Pastinya, dari sajian itu, Anda akan dimanjakan dengan suasana “liarnya alam” di semesta bumi yang kita tinggali ini. Sebuah sajian bertaraf internasional yang menyajikan ruang hidup para hewan di belahan berbagai dunia, dari gurun, laut, hutan, savana hingga kutub.

 

 

LEAVE A REPLY