Ruang Meditatif Museum Affandi Jogja

0
22
Sajian rupa yang menghiasi salah satu sudut (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Museum Affandi yang tepatnya terletak di Jalan Laksda Adisucipto No.167, Caturtunggal, Kec. Depok, Sleman, memang menjadi salah satu destinasi wisata Jogja yang sebenarnya menarik. Namun, sayangnya, tidak semua traveler atau wisatawan berkenan menyempatkan waktunya untuk mengunjungi museum seni ini.

Travel Today Indonesia, mencoba untuk menelisik, bagaimana museum seni ini menjaring keberadaannya yang sudah puluhan tahun itu. Museum Affandi memang setiap harinya dibuka dari 09.00 hingga 16.00, namun sejauh ini tidak begitu banyak orang yang berkenan mampir. Hanya sebagian besar orang yang berlalu lalang karena mampir di cafe Lotengnya yang berada di tengah kawasan.

IMG 20171223 164323 - Ruang Meditatif Museum Affandi Jogja
Salah satu galeri yang kesannya kurang terurus (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Walaupun sudah dikenal lama, namun hanya segelintir orang yang memang peduli seni saja yang biasanya mampir untuk melihat isi museum. Namun, jika ada event seni, atau kunjungan rombongan karena kepentingan khusus, pastinya Museum Affandi terasa ramai karena digunakan entah untuk seminar, diskusi komunitas atau bahkan workshop lukis.

Tata ruang dan arsitektural Museum Affandi memang unik dan menarik. Hal itu, tampak dari tata bangunan yang tak simetris dengan ruang-ruang yang memberikan nuansa meditatif. Ruang menjadi semakin meditatif, ketika dipadu dengan patung dan khasanah rupa yang menghiasinya.

IMG 20171223 164311 - Ruang Meditatif Museum Affandi Jogja
Salah satu sudut foto yang menghiasi galeri Affandi ( Foto Purwono NA/Traveltoday)

Walaupun Museum Affandi sudah ditutup pada pukul 16.00, namun biasanya ada beberapa orang yang masih ramai berlalu lalang hingga malam karena keberadaan cafenya yang juga strategis di seputar Jalan besar Jogja Solo. Jika Anda, memasuki Museum Affandi, Anda akan diajak dengan suasana meditatif hasil cipta karya lukisan Affandi yang berjumlah lebih dari 700 buah.

IMG 20171223 165301 - Ruang Meditatif Museum Affandi Jogja
Bangunannya unik, terlihat dari jembatan Sungai Gajahwong (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Suasana meditatif terhadap seni lukis, memang tampak ditata sedemikian rupa di beberapa galeri yang ada, dari galeri 1 hingga galeri 4. Namun, terlihat ada galeri yang kurang terurus. Walapun, ada galeri yang mulai kurang terurus, namun kemenarikan dan suasana meditatif Museum Affandi masih dapat Anda rasakan, apalagi dengan berbagai rupa yang seakan ingin menghidupkan kembali sosok Affandi.

LEAVE A REPLY