Ritapiret Maumere, Ziarahnya “Vatikan Semalam”

0
122
Kamar Vatikan Semalam yang digunakan untuk berziarah umat Katolik di Flores, Maumere (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Seminari Santo Petrus Ritapiret, Maumere, Flores, menyimpan ruang eksotisme yang disebut dengan “Vatikan Semalam.” Sebutan “Vatikan Semalam” itu disematkan, karena mendiang Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II pernah menginap di tempat itu ketika dalam kunjungannya ke Indonesia, khususnya Sikka pada tanggal 11-12 Oktober 1989.

Salah satu ruang di Seminari Santo Petrus Ritapiret tersebut, sekarang menjadi kamar doa dan tempat ziarah bagi umat Katolik. Kamar itu pun telah direnovasi dan ditata sedemikian rupa, menjadi ruang memorial untuk penghormatan khusus bagi mendiang Bapa Suci Paus Yohanes Paulus II.

Sudut-sudt ruang di Seminari Tinggi Rtapiret yang mendukung suasana doa dan berziarah (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Kamar “Vatikan Semalam” tersebut, sekarang sering dikunjungi oleh umat Katolik yang berziarah dan mampir di Ritapiret, Maumere, Flores ini. Ruang itu bahkan sekarang disediakan lemari khusus untuk menyimpan relikui. Relikui merupakan bagian tubuh atau benda-benda pribadi dari seseorang yang dianggap suci atau dihormati yang diawetkan atau disimpan sebagai wujud memorial.

Saat ini, setelah adanya relikui yang disimpan itu, jumlah umat Katolik, baik dari sekitar Flores, maupun dari luar terus berdatangan. Mereka sebagian besar bertujuan untuk berziarah dan berdoa untuk mohon berkat. Sekarang dengan semakin meningkatnya kunjungan umat Katolik ke kamar “Vatikan Semalam” itu, pihak pengelola membuka setiap saat dan terbuka bagi siapa saja yang datang.

Mereka yang datang, biasanya ingin berdevosi menyampaikan permohonan tertentu, karena ada beberapa pengalaman yang merasa dikabulkan segala doa-doanya. Kamar “Vatikan Semalam” pun sekarang sudah tidak hanya menjadi tempat ziarah, namun juga berdampak kunjungan wisata, karena Seminari Santo Petrus Ritapiret juga menyajikan suasana yang asri dan syahdu untuk mendukung doa-doa Anda.

Sudut Kapela yang sering digunakan untuk misa baik mingguan maupun harian (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Begitu juga, Anda dapat bercengkerama dengan para seminaris, dimana mereka memang tinggal di Seminari Santo Petrus Ritapiret ini untuk belajar sebagai calon imam, pemimpin Gereja Katolik. Anda juga dapat meminta ijin untuk berkeliling di area ini, menikmati suasana yang mengajak Anda pada permenungan atau juga mengikuti misa harian.

LEAVE A REPLY