Restoran alaRitus Jakarta, Kuliner Nusantara di Zaman Kolonial

1
462
Salah satu sudut alaRitus yang artistik. (Foto: Wardah Fajri/Facebook)

Kota Jakarta memiliki beragam restoran antik dan menarik. Bagi yang ingin mengenang masa lalu lewat kuliner Nusantara, Restoran alaRitus dapat Anda pilih untuk menikmati sensasi nuansa masa lampau, zaman kolonial.

Restoran alaRitus menjadi salah satu pilihan tempat makan kekinian anak milenial. Restoran ini berada di Gedung Filateli, Pasar Baru, Jakarta Pusat, di bawah pimpinan duo wanita super; Merie Mangawing dan Fatimah.

Gedung heritage ini dulunya Kantor PT Pos Indonesia. Gedung didirikan antara 1912-1929 dirancang oleh arsitek Belanda, John van Hoytema, dengan gaya arsitektur Art Deco yang dipengaruhi oleh aliran Art & Craft pada detail interiornya.

Foto: Archipelagos.ID?Facebook

Makna ‘alaRitus’

Restoran alaRitus memiliki makna seremonial dan tertata. Istilah dalam kegiatan keagamaan, tata cara budaya atau ibadah tertentu.

Penyebutan “ala” adalah cara/model. “Ritus” diambil dari kata ritual. Jadi, jika Anda ingin bersantap di bawah bangunan kuno yang sudah berusia berabad-abad, kunjungi alaRitus.

“Restoran alaRitus di sini untuk membangkitkan kembali kuliner Indonesia dengan segala ciri khas. Dengan segala inovasi kami curahkan. Kami mengharapkan masyarakat tidak lagi memandang sebelah mata kuliner Indonesia,” ujar Merie Mangawing, pemilik Restoran alaRitus saat pembukaan alaRitus di Gedung Filateli, Jakarta, seperti dilansir Kompas Travel.

Nah, alaRitus memiliki misi menjadikan restoran ini sebagai destinasi makanan kuliner khas Indonesia. Agar kuliner Indonesia populer mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Palembang, dan kota-kota besar lainnya.

Platting Cantik Dengan Bunga yang Bisa Dimakan

Pengunjung yang datang ke sini dapat menikmati berbagai macam menu Nusantara dengan platting cantik. Edible flower dalam setiap hiasan menu akan memperkuat kesan ritual. Bunga cantik ini akan menjadi pelengkap.

Foto: www.inews.id

Bahkan, pengunjung juga dapat menyaksikan platting hidangan yang dipesan secara langsung lho.

“Bunganya bisa dimakan semua,” kata Merie.

Beberapa menu andalan yang bisa dicicipi pengunjung adalah lobster pesmol, tongseng iga, krim bakar jahe, jantung pisang, tumis bunga durian, dan masakan Nusantara lainnya.

Semuanya tersedia dalam 44 menu makanan dan semua masakan menggunakan bumbu spesial yang diolah oleh chef berpengalaman.

Suasana Keren alaRitus

Memasuki restoran ini, pengunjung akan disuguhkan coffee shop dengan nuansa catchy. Ini yang membuat ruangan ini terasa keren.

Ada juga green corner yang berfungsi sebagai smoking area turut menyita perhatian dengan vertical garden. Restoran dengan suasana calm menciptakan atmosfer nyaman untuk berkumpul dan menikmati hidangan.

Selain itu, di lantai atas ada ruang serbaguna jika ingin mengadakan acara besar dan ruangan vip room.

“Di restoran ini, pengunjung dapat bersantai sambil berburu spot keren yang instagramable untuk berswafoto. Ada beberapa spot keren di sini, seperti kotak surat, mural, taman, lukisan pasar ikan, dan lainnya,” ujar Fatimah.

Ya, Restoran alaRitus memanglah tepat dijadikan salah satu pilihan tempat makan kekinian anak milenial.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY