Rayakan Valentine? Ada 7 Destinasi Wisata Indonesia Dengan Simbol Hati Lho!

0
460
Danau Love, Sentani, Jayapura yang mulai dikenal masyarakat luas. (foto: Rental Mobil Sentani)

Traveler, destinasi wisata berikut ini bersimbol hati lho! Ini bagi yang berhasrat jalan-jalan bersama pasangan atau kerabat dalam rangka Valentine.

Nah, Travel Today menghimpun 7 destinasi wisata Indonesia dengan simbol hati, ini dia:

1. Pulo Cinta Gorontalo

Pulau kecil di Gorontalo ini dinamakan Pulo Cinta karena deretan bangunan-bangunan vila yang mengelilinginya menyerupai bentuk hati, sehingga menjadi pemandangan alam yang eksotis.

Foto: blog.tukangjalan.com

Namun, dalam media.iyaa.com,  ada pula mitos yang menyebutkan bahwa Pulo Cinta menjadi tempat bertemunya Pangeran Gorontalo dengan seorang puteri Belanda. Jalinan cinta mereka dilarang, sehingga mereka akhirnya melarikan diri ke pulau ini.

2. Danau Love

Danau Love atau Telaga Cinta yang tadinya adalah keindahan tersembunyi,  kini mulai dikenal. Penduduk sekitar malah menyebutnya dengan Danau Imfote di Sentani, Papua. Nominator Tujuan Wisata Baru Terpopuler dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017 ini memang menawarkan pemandangan menakjubkan.

Danau Love masuk kawasan Sentani Timur, yang berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Sepanjang jalan, hamparan padang rumput terlihat elok dipandang. Sekitar 30 menit dari Kota Sentani. Danaunya berada di Kampung Puai, Distrik Yokini, Kabupaten Jayapura.

3. Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berada di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini dibangun di kawasan milik Perhutani, tepatnya di lereng Gunung Panderman pada ketinggian 1.100 sampai 1.200 meter dari permukaan laut.

Sesuai namanya, Batu Flower Garden menghadirkan berbagai jenis bunga. Ada spot-spot foto yang menghadirkan pemandangan eksotis. Misalnya Flower Hill, di tempat ini wisatawan bisa berfoto di tengah-tengah bunga. Pengunjung juga bisa berpose di atas papan kayu berbentuk lambang cinta dan papan bertuliskan l Love You.

4. Jembatan Cinta

Jembatan Cinta Pulau Tidung yang menjadi wisata favorit. (foto: www.buanapersadatama.com)

Jembatan Cinta dinamakan yang oleh penduduk sekitar Kepulauan Seribu, berada di antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung merupakan salah satu tempat wisata favorit .

Saat menelusuri Jembatan Cinta, Anda akan menjumpai bagian jembatan yang cukup tinggi, kurang lebih delapan meter dari permukaan laut dengan dasar laut, sekitar empat sampai lima meter dengan kondisi air yang jernih serta arus laut yang relatif tenang. Berbicara soal Mitos, konon bagi setiap wisatawan yang loncat dari jembatan cinta ini dipercaya akan menemukan cinta sejatinya dengan cepat.

5. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta, dalam Tempo, punya lima lambang cinta raksasa yang menarik untuk swafoto. Letaknya di pintu masuk Selecta, gerbang menuju taman bunga, dan di dalam taman. Lambang cinta ini memiliki tinggi lima hingga enam meter.

Lambang cinta itu adalah tanaman merambat yang dibentuk menyerupai hati. Bagian dalam hati itu sengaja dibuat kosong agar wisatawan dapat berfoto di bawahnya. Beberapa pasangan muda gemar berfoto di bawah lambang hati ini.

6. Bukit Cinta di NTT

Dari Bukit Cinta, mata bisa menyapu pemandangan di sekelilingnya. Ada bukit, gunung beratap awan, jalan-jalan yang meliuk, serta pantai biru dengan pasir putihnya. Bukit Cinta berada di Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Sebuah prasasti bertuliskan “LOVE” berada di puncak bukit. Tangga-tangga beton mengelilinginya. Sepasang patung tangan hinggap di atas huruf O dan V, jari-jari raksasa itu bertemu membentuk gambar hati.

7. Pulau Asmara dan Batu Cinta Situ Patenggang

Berkerumun di atas Batu Cinta. (Foto: blog.airpaz.com)

Traveler, Pulau Asmara dan Batu Cinta jadi tujuan wisata Situ Patenggang. Konon, siapa datang ke sana dan mengelilingi Pulau Asmara, akan langgeng cintanya.

Ada kisah legenda di balik kepercayaan itu, Traveler. Konon, menurut wikipedia, Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis.

Cintanya yang begitu mendalam, maka meski telah berpisah sekian lama, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta”.

LEAVE A REPLY