Rayakan Tamasya Lebaran Dengan 7 Destinasi di Danau Toba Ini!

0
84
Danau Toba dan Pulau Samosirnya. Keunikan yang hanya ada di Indonesia. (foto :Christine)

Danau Toba, siapa yang tak kenal dengan pesonanya, bahkan dunia pun tahu potensi wisata dari destinasi ini. Mendukung gerakan Kemenpar lewat #PesonaMudik2018, Danau terbesar di Indonesia ini memiliki banyak #PesonaDestinasiLebaran2018, dan harus menjadi pilihan.

Alam yang indah memikat, ledakan dahsyat ribuan tahun silam menjadikan Danau Toba begitu unik dengan historid kaldera yang kuat. Karakter kuat dalam kultur budayanya, dan mengakar hingga kini, patut menjadi perhitungan pariwisata Lebaran Anda.

Nah, bersumber dari Kemenpar, ini di 7 destinasi di Danau Toba yang bisa Anda junjungi bersama sanak saudara dan kerabat di Hari Raya Lebaran Anda. Mana saja ya?

1. Taman Sipinsur

Foto: tempatberliburwisata.blogspot.com

Lokasi: Desa Paerung, Kecamatan Paranginan, Humbang Hasundutan, 30 menit dari Bandara Silangit. Dari Medan, perjalanan memakan waktu sekitar 6-7 jam dan jaraknya 227 km.

Rimbunnya pohon-pohon pinus, serta semilir angin yang berhempus, Sipinsur menjadi situs yang tepat untuk relaksasi. Lansekap pemandangan Danau Toba amatlah rupawan, langit biru dan awan berarak, laksana lukisan. Traveler yang menyukai kegiatan yang menantang, bisa kok trekking di perbukitan sekitar.

2. Bukit Holbung (Bukit Teletubbies)

Lokasi: Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies lho. Demi melihat pemandangan apik dan epik, wisatawan langsung trekking 10 – 15 menit, sampai puncak. Banyak gulma bukit di sepanjang jalan yang dapat Anda lihat. Anda akan dibuat takjub ketika sampai di puncak, dan menikmati keindahannya. Ambil foto sepuasnya, dapatkan bidikan terbaik Anda!

3. Pantai Paropo

Foto: tempatberliburwisata.blogspot.com

Lokasi: Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Hobi memancing? Paropo tempatnya. Tak ada penyewaan alat pancing di sini, maka Anda perlu menyiapkannya sendiri ya. Sebenarnya, Paropo adalah tempat berkemah, namun bagi yang tidak suka melakukannya sejumlah penginapan tersedia juga di sini. Wah, menginap di sini tentu menjadi pengalaman yang tak terlupa. Pemandangan dekat danau ataupun perbukitan, semua sama indahnya!

4. Air Terjun Situmurun Binangalom

Lokasi: Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom. Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Air terjun ini tergolong unik, karena airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Traveler dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini lho.

5. Huta Ginjang

Foto: travelingyuk.com

Lokasi: Kecamatan Muara, Tapanuli Utara, hanya 15 menit dari Bandara Silangit.

Traveler bisa lihat pemandangan danau Toba yang super indah karena Huta Ginjang terletak di dataran tinggi. Tempat yang sempurna untuk bersantai apalagi saat liburan. Udara segar ditambah panorama sunrise dan sunset yang cantik membuat wisatawan berbondong-bondong ingin menikmati tempat ini, berburu foto, mencari inspirasi.

6. Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo

Lokasi: Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara.

Salah satu dari tujuh tempat wisata paling unik dan langka di dunia lho. Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan sebuah kawasan wisata yang menggabungkan konsep wisata religi dan wisata alam. Vihara, Pura, Gereja Katolik dan Protestan, dan Masjid merupakan 5 tempat suci peribadatan di kawasan ini. Traveler juga melihat potensi keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Dairi.

7. Desa Wisata Tomok

Foto: situsbudaya.id

Lokasi: pesisir Pulau Samosir, Komplek danau Toba, Sumatera Utara.

Nah, ini adalah sebuah desa tradisional, yang dikenal sebagai pintu gerbang dan pengenalan Samosir. Desa ini adalah sarkofagus batu besar Kuburan Raja Sidabutar.

Desa ini telah menjadi desa wisata di Samosir sejak lama. Di Tomok, selain wisata sejarah mengenal budaya Batak Toba, anda juga bisa wisata belanja. Ada 3 objek wisata yang menarik di Desa Tomok ini. Patung Sigale-Gale, Pemakaman Raja-Raja Kuno Batak, dan Museum Batak. Banyak aktivitas di sini yang bisa menghabisakan waktu tanpa terasa, salah satunya, berburu sovenir Batak misalnya.

LEAVE A REPLY