Purwakarta Punya Hotel Gantung, Pertama di Asia Tertinggi di Dunia!

0
114
Foto: tidurmana.com

Gunung Parang tentu amat populer di kalangan pemanjat tebing Indonesia maupun mancanegara. Nah, Gunung Parang yang berada di Purwakarta ini, sisi tebingnya dibangun skylodge atau hotel gantung dengan ketinggian 400-900 meter lho!

Sejauh ini, seperti dikutip dari Kompas Travel, hanya ada satu skylodge alias hotel gantung di dunia yang berlokasi di Peru. Hotel gantung tersebut berada pada dinding tebing dengan ketinggian sekitar 122 meter di atas permukaan tanah.

Pertama di Asia Tertinggi di Dunia

Hotel bernama Skylodge Padjadjaran Anyar itu mulai digagas sejak akhir tahun 2014. Masyarakat penggiat panjat tebing sekaligus operator via ferrata, Badega Gunung Parang, dan tentunya Bupati Purwakarta yang menjadi penggagasnya.

Hotel yang terasa begitu ekstrim di ketinggian tebing Gunung Parang, Kampung Cisaga, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. (Foto kompas.com)

“Hotel gantung ini berada di ketinggian 400-900 meter, sepertinya di Asia belum ada. Hanya di Peru yang terkenal,” ujar Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta .

Jika dilihat sleeping capsules di Peru berada di ketinggian 400 kaki, atau sama dengan 122 meter. Di Gunung Parang, hotel gantung ini memiliki ketinggian 400-900 meter.

Bisa dipastikan merupakan hotel gantung yang tertinggi di dunia untuk saat ini, dan juga pertama di Asia!

Penuh Perhitungan

Bisa dibilang, pembangunan ini tak main-main dan penuh perhitungan. Dalam pembangunannya, masyarakat penggiat panjat tebing dari Badega Gunung Parang dibantu tim arsitek ARCTech dan profesional ahli.

Mereka juga mengalkulasi bagian-bagian rumit antara desain, berat, dan kekuatan bangunan ini.

Foto: furnizing.com

 

“Ide awalnya adalah kita ingin ada hunian atau penginapan di dinding Gunung Parang, dan setelah melihat dan mengkajinya ternyata ada contoh di Peru, maka kita ambil ide seperti di Peru dengan beberapa perbaikan desain,” ujar Dhani Daelami selaku penggagas operator Badega Gunung Parang.

Meski berada di atas ketinggian, hotel ini memiliki fasilitas mumpuni. Bahkan Anda bisa mendapatkan jaringan Wi-Fi di sana. Selain itu juga ada fasilitas lain seperti AC, TV, microwave, kulkas dan tentu saja toilet.

Soal keamanan jangan takut, kapsul-kapsul yang dijadikan kamar hotel disangga dengan 20 tali besi. Beban yang ditahan juga tidak tanggung-tanggung, mencapai 1 ton!

Jadi, bagi Traveler yang tak takut ketinggian dan haus tantanngan, cobalah hotel gantung ini!

LEAVE A REPLY