Puncak HUT ke-72 Jatuh di Bandung: ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017’

0
306
Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 siap digelar. (foto: krjogja.com)

Kota Bandung akan menjadi kota penyelenggara pesta rakyat bertajuk ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017’ di hari Sabtu, 26 Agustus 2017 nanti. Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 ini merupakan puncak perayaan 17 Agustus dan penutup dari bulan kemerdekaan.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 ini akan mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’. Karnaval ini akan melibatkan lebih dari 1.200 peserta berlatar belakang seniman dan berbagai komunitas anak muda di Jawa Barat, serta perwakilan dari berbagai daerah penyelenggara festival-festival terbaik se-Indonesia, termasuk di antaranya adalah yang sudah memiliki reputasi internasional. Kurasi dan produksi Karnaval akan dilakukan oleh Tim yang berasal dari jawa Barat dipimpin olah Kang Aat Suratin.

Menurut keterangan tertulis Menteri Pariwisata Arief Yahya yang diterima Traveltoday, karnaval ini akan menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah air, dengan semangat api kerja bersama untuk mengisi kemerdekaan. Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya, pemilihan Bandung sebagai penyelenggara akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia.

Karnaval Kemerdekaan muncul menyambut ide Presiden Joko Widodo yang ingin agar Karnaval Kemerdekaan diadakan tidak berpusat hanya di Jakarta saja, agar kegembiraan kemerdekaan bisa dirasakan di semua daerah.

Aat Suratin, budaya penggagas, pelaksana, dan kurator Karnaval menyatakan akan menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh nusantara. Ekspresi budaya beragam tersebut akan tercermin dari kostum, seni tari, musik, dan rupa yang ditampilkan.

Presiden dan Ibu egara akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kereta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman Bandung. Kereta Pancasila tersebut menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong yang mengejawantah dalam laku budaya kebersamaan.

Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung ini akan dimulai pukul 9.30WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3,8km. Mulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda (Jl. Dago), Jl. Merdeka menuju ke Taman Vanda. Di taman ini Bapak dan Ibu Presiden akan turun untuk menyaksikan rangkaian Karnaval.

“Eksposur medianya juga sangat besar. Ini akan berdampak baik bagi pariwisata Bandung dan tentunya Indonesia,” ujar Menpar seperti dilansir sportourism.id. Pria asli Banyuwangi ini berharap acara yang meriah sehingga wisatawan yang datang tidak akan kecewa. Siap-siaplah terkesima oleh ragam kekayaan budaya Indonesia dan masyarakat Sunda, juga penampilan artis papan atas Indonesia.

Masyarakat yang hadir dihimbau agar mengenakan pakaian daerah atau pakaian Nasional, agar Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 ini semakin semarak dan meriah.

LEAVE A REPLY