Pulau Pastofiri, Surga Terindah di Halmahera Barat

0
488
Keindahan senja di pulau yang amsih tersembunyi ini (Foto kompas.id)

Pulau Pastofiri yang terletak di kepulauan Halmahera Barat merupakan salah satu wisata bahari yang sangat cantik dan begitu menawan. Pulau ini memang belum banyak dikenal sebagai wisata bahari seperti yang lainnya, namun wisata di pulau ini menawarkan sensasi kebaharian yang begitu indah.

Dalam laman lifestyle.okezone.com, dikatakan bahwa Pulau Pastofiri ini baru dikenalkan secara luas dalam rangkaian Festival Teluk Jailolo tahun 2018 ini. Festival tersebut menjadi salah satu bagian untuk mempromosikan Jailolo dan Halmahera Barat dengan keindahan dan kearifan lokalnya yang memang belum banyak dikenali wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Tanpa Pasir, Namun Pulau dengan Serpihan Karang Laut Luas

Pulau Pastofiri memang menyajikan pemandangan yang unik dan menarik. Di pulau ini mempunyai spot pemandangan yang begitu indah, untuk memandang dari kejauhan beberapa gunung yaitu Gunung Gamalama di Ternate, pemandangan Jailolo, hingga dataran Halmahera. Menariknya juga, Pulau Pastofiri tidak memiliki pasir, daratannya merupakan sebuah serpihan karang laut yang ukurannya cukup besar.

Hal itulah yang membawa Pulau ini sebagai surga tersembunyi yang belum banyak dikenal oleh kalangan luas. Hampir sebagian besar, para wisatawan yang mengenal pulau ini lebih sering menjadikannya untuk spot menyelam dan diving, dan kebanyakan masih sebatas komunitas sekitar Maluku dan Halmahera.

Pulau tanpa pasir, yang ada adalah hamparan serpihan karang laut (Foto cdninstagram.com)

Jika Anda ingin menuju Pulau indah ini, Anda dapat menuju ke Kota Ternate dahulu, lalu Anda harus menuju ke pelabuhan terdekat untuk menyewa atau naik speedboat ke Jailolo, Halmahera Barat terlebih dahulu, karena tidak ada kapal yang melayani rute langsung ke Pulau Pastofiri. Biasanya biaya sewa kapal sekitar 1,5 juta untuk sekali perjalanan.  Namun, jika tidak menyewa, Anda harus menunggu dahulu untuk ikut kapal kecil yang berangkat ke Pulau Pastofiri untuk kepentingan mengangkut wisatawan. Biasanya, kapal baru berngkat jika sudah penuh.

LEAVE A REPLY