Penggemar Kuliner Harus Coba 7 Rujak Khas Indonesia Ini!

0
434
Foto: wikimedia.org

Bicara soal rujak khas Indonesia, para penggemar kuliner yang butuh makanan segar dan sehat pasti ingin segera memburunya! Ya, ternyata rujak tak hanya sekadar ‘mellibatkan’ buah dengan bumbu kacangnya lho.

Masih banyak varian rasa lewat bahan dan bumbu. Nah, Travel Today menghimpun untuk para penggemar kuliner, 7 macam rujak khas Indonesia. Simak yuk!

1. Rujak U Groh – Aceh

Foto: pbs.twimg.com

Penasarankah Anda bila kelapa yang belum ada isinya dijadikan rujak? Bagaimana ya rasanya? Hmm, Rujak U Groh adalah rujak batok kelapa, varian rujak unik yang berasal dari Aceh. Batok kelapa yang dirujak adalah yang sudah dikuliti dan diiris tipis. Rasanya sedikit sepat, namun bantuan gula aren, cabai, perasan jeruk nipis, dan tepung roti, cukup mampu menetralisir rasanya.

2. Rujak Mie – Palembang

Foto: pergikuliner.com

Berisi mie kuning, tahu, tauge, serta potongan timun, lalu diguyur kuah cuko yang lezat. Rujak ini amat unik, kesegarannya jangan ditanya. Bagi penggemar Pempek Palembang, tentu jangan sampai lewatkan kuliner ini!

3. Rujak Bulung – Bali

Foto: kooliner.com

Rujak Bulung khas Bali ini menggunakan bahan utama rumput laut. Ada dua sajian Rujak Bulung. Ada Rujak Bulung Buni, rumput lautnya dicuci dengan air panas dan dibuat seperti urap. Lalu, Rujak Bulung Rambut yang disajikan segar dengan kuah pindang. Terbayang rasanya? Cobalah!

4. Rujak Soto – Banyuwangi

Foto: detik.net.id

Aneh juga, ada soto tapi kok rujak. Nah, di Kabupaten Banyuwangi ada Rujak Soto, alias Rujak Cingur yang diguyur Soto Daging (sapi) atau Soto Babat! Perpaduan rasa keduanya sungguh menakjubkan. Gurih kuah soto, bercampur kacang tumbuk dan aroma petis yang begitu lezat!

5. Rujak Shanghai – Jakarta

Foto: travelingyuk.com

Sepertinya asing sih, karena ini jauh dari bumbu kacang. Cek saja isinya; ada lobak, cumi, bahkan ubur-ubur sebagai bahannya lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya. Mirip asinan ya!

6. Rujak Cingur – Surabaya

Foto: Emak Mbolang

Rujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur ini amat legendaris. Cingur yang artinya mulut atau moncong sapi, direbus dan diiris menjadi campuran bersama lontong, tahu, tempe, timun, bendoyo, bengkuang, kangkung, kecambah, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur begitu diminati sepanjang masa.

7. Rujak Es Krim – Yogyakarta

Foto: travelingyuk.com

Rujak Es Krim amat populer di Yogyakarta. Buah-buah untuk rujaknya diserut, seperti rujak bebeg, diberi sambal rujak yang agak mencair. Pas dinikmati di hari terik, apalagi diberi es krim lezat sebagai topingnya.

LEAVE A REPLY