Penggemar Gudeg Harus Tahu 7 Varian Gudeg yang Wajib Diburu

0
471
Gudeg Pasar Pathuk, gudeg tersembunyi khas tradisional Jogja (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Traveler, Gudeg adalah kuliner sepanjang masa yang sering menggugat kerinduan para penggemarnya sehingga sering diburu. Meski judulnya sama, Gudeg, para penggemar kuliner ini selalu nampak ramai berkerumun di banyak warung penyedia Gudeg.

Siapa yang tak terbayang-bayang sepaket nasi, dengan sambal goreng krecek, berbagai lauk seperti tahu, telur dan ayam yang dimasak manis dan mantap, juga apa lagi kalau bukan sayur nangka yang dimasak khas tradisi Indonesia. Eh, tapi ternyata tak hanya nangka lho, bahan utama sayur dalam Gudeg.

Nah, bagi yang belum tahu ada berbagai varian Gudeg yang unik di negeri sekaya Indonesia ini, Travel Today menghimpun 7 varian Gudeg yang wajib diburu. Yuk, cek kuliner lezat ini!

1. Gudeg Koyor

Rasa koyor yang enak dengan nasi putih hangat tersaji di Warung Mbak Tum (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Koyor adalah urat sapi yang karakternya mendekati kikil namun lebih lunak dan lebih       lembut. Jika digambarkan mungkin karakternya mendekati antara daging murni dan lemak. Gudeg ini menjadi gudeg khas Semarang. Disajikan dengan daun singkong atau daun kol. Rasanya tak semanis Gudeg Jogja.

2. Gudeg nyemek

Foto: media.travelingyuk.com

Gudeg ini lazim di Solo. Berbeda dengan yang ada di Jogja, jenis ini menggunakan suwiran opor ayam dan tahu, sambal goreng krecek, dan telur pindang. Tekstur Gudeg lebih basah, maksudnya ada sedikit kuah, sehingga disebut nyemek. Ada daun singkong dalam gudegnya, juga siraman areh dan santan kental berwarna putih susu.

3. Gudeg Basah, Gudeg Kering

Foto: jogjaupdate.com

Terdapat beberapa perbedaan antara Gudeg Kering dan Gudeg Basah selain soal banyak sedikitnya areh yang disiramkan. Gudeg Basah lebih gurih, sedang Gudeg Kering lebih manis. Selain itu, Gudeg Kering lebih tahan lama, sedang Gudeg Basah hanya bertahan sehari dan harus terus dihangatkan.

4. Gudeg Mercon

Foto: media.travelingyuk.com

Ini termasuk kuliner wajib bagi yang doyan pedas. Rasanya nendang banget. Kebanyakan gudeg di Yogyakarta menonjolkan rasa manis dan gurih, tapi yang ini justru memberikan rasa pedas yang menggigit.

5. Gudeg Manggar

Foto: travelingyuk.com

Nah, tak selalu berbahan dasar nangka muda, Gudeg Manggar ini menjadi lebih unik karena dibuat dari bunga kelapa. Rasanya gurih, dan tekstur lebih padat. Ada yang mengatakan rasanya lebih kaya karena kegurihannya menyeimbangkan rasa manis Gudeg keseluruhan. Juga lebih ‘crunchy’. Berhubung jenis Gudeg ini langka, maka harganya pun cukup tinggi dibanding Gudeg biasa.

6. Gudeg Jamur

Foto: aeronugroho.files.wordpress.com

Nah, ternyata, jamur yang dimasak menjadi Gudeg ini betul-betul menghilangkan rasa jamurnya. Jadi, layaknya makan Gudeg dari nangka muda, masakan ini sanggup membuat penikmatnya lupa bahwa dirinya sedang makan jamur. Unik memang.

7. Gudeg Pecel

Foto: ksmtour.com

Hanya di Jawa Timur, Anda bisa menemukan Gudeg Pecel ini. Di sini, kamu bisa menikmati Gudeg yang disiram dengan bumbu pecel. Inilah inovasi yang benar-benar bisa menggoyang lidah. Gudeg ini amat digemari sebab rasanya yang ‘nagih’.

Jika Anda ingin membawanya sebagai oleh-oleh, ada berbagai bentuk kemasan unik yang bisa membuatnya tahan lama, seperti gudeg kaleng yang sekarang ini banyak dipasarkan.

Nah, tunggu apa lai? Ayo lekas, masukkan semua menu Gudeg ini ke daftar, jadikan sebagai kuliner yang wajib diburu.

Mau Coba Gudeg Ini Juga?: Gudeg Pasar Pathuk, Gudeg “Terpelang” Enak yang Tersembunyi

LEAVE A REPLY