Pelabuhan Sunda Kelapa, Salah Satu Pelabuhan Terkeren di Indonesia

0
59
Foto: dolandolan.com

Traveler, tak hanya jadi tempat bongkar muat muatan atau aktivitas pelayaran, kini Pelabuhan Sunda Kelapa jadi salah satu destinasi wisata bagi para wisatawan berkunjung ke ibu kota Jakarta.

Terlebih lagi setelah tempat ini menjadi tempat pidato pertama Joko Widodo sebagai presiden RI. Wah, makin istimewa ya?

Nah, pada saat ini Pelabuhan Sunda Kelapa direncanakan jadi kawasan wisata karena nilai sejarahnya yang tinggi.

Berekreasi di pelabuhan yang keren. (Foto: jejakpiknik.com)

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah salah satu pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelindo II yang tidak disertifikasi International Ship and Port Security, karena sifat pelayanan jasanya hanya untuk kapal antar pulau.

Kapal Pinisi dan Berbagai Keunikan Lain

Layaknya pelabuhan pada umumnya, di sini Anda dapat menikmati sisi baharinya Indonesia. Pasalnya selain melihat laut lepas, umumnya puluhan kapal pinisi akan bersandar di pelabuhan ini.

Jika pintar mengambil angle foto, Anda dapat “mencetak” banyak foto menarik, mulai dari suasana pantai utara Jawa, sisi unik kapal pinisi hingga aktivitas bongkar muat barang yang terjadi di sini.

Jika beruntung, menurut panduanwisata, mungkin saja Anda diperbolehkan untuk menaiki salah satu kapal pinisi yang sedang beristirahat di sini. Hanya satu yang perlu diingat, naiknya harus seijin yang punya kapal atau pihak yang dipercaya oleh sang pemilik kapal.

Menara pengawas. (Foto: Wikipedia)

Menariknya lagi, di Pelabuhan Sunda Kelapa Anda juga dapat menyewa jasa sampan milik para nelayan. Dengan sampan yang disewakan tersebut, Anda dapat berkeliling sembari menikmati suasana yang ditawarkan Pelabuhan Sunda Kelapa. Biaya sewanya pun tergolong murah, sekitar 50 ribu rupiah saja.

Selain berkeliling, Anda juga berkesempatan untuk menimba ilmu dari para nelayan sekaligus diantarkan menuju ke Museum Bahari.

Anda dapat melihat berbagai koleksi yang terdapat di museum, mulai dari kapal, sejarah berbagai tokoh yang berhasil menaungi lautan hingga menikmati Jakarta dari Menara Syahbandar.

Satu lagi, di sini Anda juga dapat menikmati romantisnya senja ala pelabuhan ibu kota. Bedanya, moment matahari tenggelam di Sunda Kelapa akan berhiaskan siluet indah dari puluhan pinisi yang berjajar rapi di pinggir dermaga.

LEAVE A REPLY