Pasar Cinde Palembang Akan Ditata Ulang, Bangunan Bersejarah Tetap Dipertahankan

0
493
Pasar Cinde Palembang tampak depan. Pasar bersejarah yang terinspirasi dari Pasar Johar di Semarang. (Kompas.com)

Bagi traveler yang menyukai tempat-tempat bersejarah, Pasar Cinde Plaza Palembang tentu tak asing lagi. Pasar tradisional itu menyimpan sejuta kenangan yang layak untuk diabadikan.

Pasar yang memiliki ciri khas tiang cendawan itu akan segera direnovasi. Menurut Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dikutip dari Antara, pasar tersebut sudah tidak layak lagi.

Pemerintah setempat berencana menata kembali Pasar Cinde tanpa menghilangkan keasriannya. Bahkan, tiang cendawan yang khas itu akan dipertahankan. Tentu saja akan diperkuat agar bisa bertahan lama.

Terintegrasi dengan LRT

Nah, ini yang patut diapresiasi. Kendati Pasar Cinde merupakan bangunan bersejarah, namun tetap akan diintegrasikan dengan stasiun LRT atau kereta api ringan. Tentu saja, agar semakin mudah dikunjungi masyarakat.

Lebih lanjut Alex mengatakan, selain itu pasar yang terdiri atas 14 lantai itu terintegrasi dengan stasiun kereta api ringan sehingga semakin mudah untuk dikunjungi masyarakat.

Apa lagi yang bersejarah?

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa di sekitar Pasar Cinde terdapat makam Raja Palembang. Kawasan ini pun akan ditata agar nyaman bagi peziarah dan wisatawan.

Rasanya, destinasi yang satu ini menjadi lengkap. Wisata sejarah, belanja, dan religi bahkan kuliner bisa menyatu dalam sebuah konsep penataan ulang.

Pihak pengelola yang akan merenovasinya pun menjanjikan bahwa bangunan lama yang ada di sana akan tetap dipertahankan. Bangunan-bangunan bersejarah itu akan direnovasi agar bertahan lama.

LEAVE A REPLY