Pantai Lhoknga, Surga bagi Peselancar dan Wisata Pantai di Aceh

0
462
Keindahan pantainya yang indah (Foto http://auliaoktavella.it.student.pens.ac.id)

Pantai Lhoknga yang berada di sekitar Kecamatan Lhonga di Kabupaten Aceh Besar, merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan pantai dan ombaknya yang menawan untuk aktivitas surfing. Pantai ini memang mempunyai bentang alam yang indah, karena dikelilingi perbukitan yang hijau di sekitarnya.

Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 22 kilometer dari Kota Banda Aceh. Pantainya memang terbilang syahdu dan sepi, tidak seperti pantai umumnya di Bali dan daerah lainnya. Namun, hal inilah yang membuat pantai ini favorit bagi para turis, terutama para peselancar.

Surga bagi Para Peselancar

Pantainya yang sepi dengan ombak yang indah, membuat pantai ini nyaman untuk melepas sejenak dari kesibukan dan hiruk pikuk perkotaan. Pantai Lhoknga ini juga dikenal mempunyai pemandangan matahari terbenam yang begitu eksotis. Maka, tak heran, jika banyak wisatawan yang memanfaatkan spot suasana sore yang terasa sunyi dan damai.

Pantai untuk surga bagi para peselancar (foto: http://disbudpar.acehprov.go.id)

Dalam laman indonesiakaya.com, dikatakan bahwa Pantai Lhoknga mempunyai beberapa titik untuk aktivitas berselancar. Begitu juga, pantai ini berdekatan dengan lapangan golf yang juga bisa dimanfaatkan sebagai pilihan wisata, selain juga memancing. Pantai Lhoknga memang dikenal juga mempunyai ombak yang besar dan cukup kuat sehingga pantai ini termasuk favorit di kalangan komunitas peselancar internasional.

Ada Beberapa Titik untuk Berselancar

Di Pantai Lhoknga memang ada beberapa titik yang sering digunakan bagi para peselancar untuk menikmati deburan ombaknya yang terbaik, yaitu dengan yang disebut left hander point, cemara right point, out side right hander dan suri point. Suri point ini, kabarnya diambil dari nama seorang peselancar yang meninggal ketika Tsunami Aceh tahun 2004.

Maka tepatlah jika Pantai Lhoknga dapat dikatakan sebagai salah satu pantai indah di Aceh, disamping potensi ombaknya, yang disebut sebagai surga peselancar, namun juga kedamaian suasannya yang begitu sepi, belum banyak hiruk pikuk komoditas dan industri wisatanya, yang tentu akan membuat Anda betah menikmatinya.

Pemandangan yang indah, dengan suasana pantai yang sepi dan damai (Foto www.indonesiakaya.com)

Oleh karena itu, Aceh tidak hanya dikenal dengan Serambi Mekah dan keistimewaan syariatnya, melainkan juga menyimpan potensi keindahan bentang alamnya, terutama dapat Anda temukan di Pantai Lhoknga ini.

LEAVE A REPLY