Pantai Gunung Tunak, Alam Tersembunyi Lombok yang Menghipnotis

0
105
Foto: www.guidelombok.com

Lombok dikenal dengan pantai-pantai tersembunyi dengan panorama alam yang menghipnotis. Nah, alam Gunung Tunak ini menyajikan sisi lain pantai selatan Lombok. Pantai Tunak yang jarang diketahui orang ini terletak di Taman Wisat Alam Gunung Tunak.

Pantai berpasir dengan dinding kapur yang kokoh amat menakjubkan. Hamparan rumput hijau memanjakan mata. Lalu ada hutan pantai dan hutan dataran rendah yang melengkapi keindahan alam tersembunyi ini.

Serasa Milik Sendiri

Gunung Tunak yang terletak di Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah lebih terpencil dan lebih susah dijangkau. Maka tak heran, berakhr pekan di tempat ini, Anda akan mendapat sensasi berada di pulau yang ‘serasa milik sendiri’.

Foto: www.guidelombok.com

Pantai Gunung Tunak diapit oleh dua bukit karang yang di tengahnya terdapat sebuah batu yang menonjol dan agak lancip. Kerap dijadikan latar saat wisatawan berswafoto.

Pantai Tunak adalah salah satu pantai yang masih sangat bersih. Letaknya yang tersembunyi di balik hutan dan bukit menjadikannya sebagai spot wisata yang menarik.

Anda  tak dianjurkan untuk berenang di Pantai Gunung Tunak karena ombaknya sangat besar. Maklum saja, pantai ini berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Namun bagi anda pecinta sunset, pantai ini salah satu spot sunset yang sayang  untuk dilewatkan.

Hamparan Keindahan Alam

Hamparan terumbu karang memikat para penyelam di sudut-sudut pesisir pantainya. Sebongkah karang yang tegar terus-menerus dihantam ombak Samudra Hindia.

Menurut www.lombokgilis.com, kontur karang yang seperti penyu tersebut disebut Gili Penyu, di lepas pantai Taman Wisata Alam Gunung Tunak, Lombok Selatan, Nusa Tenggara Barat.

Foto: indonesia.tripcanvas.co

Taman wisata alam seluas 1.200 hektare ini berupa tanjung berbukit-bukit yang menjorok ke Samudra Hindia. Dataran Gunung Tunak dibatasi Teluk Bumbang di barat-utara dan Teluk Awang di timur.

Deretan bukit dibentuk oleh Bukit Bungkulan, Bukit Kelor, Bukit Takar Akar, Pejanggik dan Batujangak. Sedang lekuk-lekuk teluk dibentuk oleh tebing-tebing curam, yang disela oleh beberapa pantai berpasir.

Di atas tanah jazirah ini, tumbuh padang rumput dan hutan dataran rendah dengan kayu yang keras. Padang rumput terhampar di tubir tebing yang berbatasan dengan laut. Karpet rumput ini membentang selebar antara 200 – 300 meter dari tepi tebing hingga batas vegetasi berkayu.

Nah, Traveler, surga tersembunyi ini tengah menunggu kunjungan Anda lho!

LEAVE A REPLY