Panorama Tantangan Gunung Ungaran Semarang

0
152
Panorama dari puncak Gunung Ungaran Semarang setelah berbagai tantangan pendakian. (foto: http: www.brobali.com)

Gunung Ungaran memang tak sepopuler gunung pendakian lain di Indonesia seperti Gunung Merbabu, Gunung Rinjani, bahkan dengan Gunung Salak, Gunung Ungaran masih kalah pamor. Namun, ribuan pendaki telah membanjiri Gunung Ungaran ini. Memang, kebanyakan wisatawan lokal, pendaki yang berasal dari wilayah Semarang dan sekitarnya.

Gunung Ungaran memang tak setinggi gunung lain, namun medan terjalnya cukup menjadi tantangan khusus bagi para pendaki. Cocok untuk pendaki gunung pemula sebenarnya. Maka, untuk komunitas pencinta alam bisa mengajak para pendaki pemula ke Gunung Ungaran ini untuk memulai ekspedisi (meski mini) awalnya.

Ini persis seperti yang diungkapkan dalam delapanmataangin.com, Gunung Ungaran ini memang terletak di daerah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung yang berada di ketinggian 2.050 mdpl ini memiliki jalur yang sangat menantang, khususnya bagi pendaki pemula, mungkin terdengar cukup pendek, namun ternyata sepertiga jalurnya terdiri dari tanjakan bebatuan yang curam, Travelerpun bisa-bisa hampir menyerah dibuatnya.

gunung ungaran 2 - Panorama Tantangan Gunung Ungaran Semarang
Berbagai panorama dilalui dalam pendakian ke Gunung Ungaran, termasuk hutan pinus ini. (foto: http: mawarwisata.blogspot.co.id)

Gunung Ungaran adalah gunung berapi bertipe Stratovolcano yang terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa tengah. Walaupun tidak ada catatan khusus mengenai aktivitas vulkanologi di gunung ini, namun terdapat sumber mata air panas di kaki gunungnya yang mengindikasikan adanya aktivitas panas bumi di bawah tanah. Lokasi sumber mata air panas tersebut terdapat di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo, Limbangan, Kendal.

Gunung Ungaran punya tiga puncak yakni Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak Ungaran adalah puncak tertinggi dari gunung ini.  Gunung Ungaran dapat didaki melalui beberapa jalur. Tiga jalur paling terkenal adalah via Jimbaran, Medini dan Gedong Songo.

Puncak Gunung Ungaran berupa tanah lapang yang cukup menampung beberapa tenda. Dari puncak Gunung Ungaran kita bisa melihat pemandangan gunung-gunung cantik lain di Jawa Tengah seperti Merbabu, Telomoyo, Andong, Sindoro serta Sumbing.

Gunung Ungaran 1 - Panorama Tantangan Gunung Ungaran Semarang
Banyak spot menarik untuk difoto di Gunung Ungaran Semarang ini. (foto: http: backpackerjakarta.com)

Tidak ada catatan yang jelas mengenai aktivitas gunung ini. Namun, diperkirakan gunung ini pernah meletus pada zaman kerajaan dahulu, dengan letusan yang amat dahsyat sehingga menghancurkan dua pertiga bagian puncak dari semula sehingga yang dapat dilihat sekarang adalah hanya sepertiga bagian dari Gunung Ungaran berapi purba. Diperkirakan, gunung ini sedang mengalami masa tidur panjang dan sewaktu-waktu dapat aktif kembali.

Namun, tetap saja, Gunung Ungaran menjadi destinasi menarik bagi pendaki pemula, atau bagi para pendaki yang memang sedang kangen untuk mendaki namun hanya memiliki waktu libur pendek. Panorama setelah melalui tantangan yang tersaji, cukup terbayarkan kok, Traveler.

LEAVE A REPLY