Nostalgia Tempo Dulu “Roti Ganjal Rel” Semarangan

0
643
Sang legendaris, Roti Ganjal Rel atau sering disebut Roti Gambang. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Sajian roti tempo dulu Semarangan, yang pernah terkenal di masanya, yaitu “Roti Ganjal Rel” memang sedang diburu oleh para penggemar. Roti ini memang terkenal manis, dengan taburan wijen dan bentuknya yang menyerupai “kayu ganjal rel kereta api,” karena pada zaman dulu, kayu Penganjal Rel Kereta Api dari kayu, bukan dari besi seperti sekarang ini, sehingga dikenal dengan sebutan  “Roti Ganjal Rel.”

Dalam laman ksmtour.com, roti tempo dulu atau orang mengatakan dengan “roti” lawas ini juga dikenal dengan nama Roti Gambang. Biasanya “Roti Ganjal Rel”  disajikan untuk menyemarakkan acara Dugderan. Dalam tradisi dugderan, biasanya warga rela berdesakkan untuk memperoleh roti tersebut, karena dipercaya mampu memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa.

Konon “Roti Ganjal Rel”  mempunyai resep aslinya terbuat dari bahan baku singkong, sehingga memiliki tesktur yang agak alot dan keras seperti kayu ganjal rel kereta.Namun, dengan perkembangan zaman,  roti kemudian dikembangkan dengan bahan baku tepung pilihan juga, sehingga terasa lebih nikmat.

Saat ini, “Roti Ganjal Rel”   dikemas lebih menarik, berwarna coklat bertabur wijen, dan rasa roti dipadu dengan rasa kayu manis. Selain menggunakan adonan coklat dan gula jawa, aroma unik roti dikombinasi dengan beragam rempah seperti cengkeh, kayu manis dan kembang lawang.

Potongan Rei Ganja Rel khas Semarang yang lagi ditemukan di banyak tempat. (fotoL Purwono Nugroho Adhi).

“Roti Ganjal Rel”  memang terbilang memberikan kelezatannya tersendiri. Walaupun awalnya susah dijumpai, namun sekarang ini, “Roti Ganjal Rel”   dapat Anda mudah Anda dapatkan di pusat toko-toko oleh-oleh, supermarket Gelael, Pasar Johar dan Waroeng Semawis.

Biasanya “Roti Ganjal Rel”  dikemas dalam kotak mika atau bening yang bertuliskan “Koewih Tempo Doeloe Gandjelrel”. Sedangkan di pasar-pasar tradisional,  “Roti Ganjal Rel” ini dijual dalam plastik-plastik kecil seharga seribuan, namun jarang ada yang menyadari bahwa roti tersebut adalah  “Roti Ganjal Rel” yang legendaris itu.

Biasanya “Roti Ganjal Rel”  disajikan dengan ukuran kurang lebih 10×30 cm. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp 23.000.  Sedangkan untuk ukuran yang lebih besar 24×24 cm biasanya harganya Rp 32.000.

Konon, resepnya masih asli dari zaman Belanda dengan adonan khasnya pula. Biasanya, disajikan untuk teman minum teh dengan kepadatan adonan rotinya sehingga sangat cocok untuk sarapan.

LEAVE A REPLY