Nikmati Sensasi Nasi Biru di Roemah Poetih Jogja

0
605
Sajian sepiring nasi biru yang lengkap dengan Empal, Serundeng, Telur Dadar iris, dan lain sebagainya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Roemah Poetih yang tempatnya terletak di Jalan Kranji No 88 Ngaglik, Sleman, Jogja, merupakan mini resto yang mengangkat menu masakan khas ala Solo seperti Timlo, Langgi, Nasi Liwet dan masih banyak lainnya. Namun, selain menyajikan menu-menu masakan khas Solo tersebut, Roemah Poetih juga menghadirkan menu masakan unik bernama Nasi Biru. Travel Today Indonesia menyambanginya untuk mencicipi keunikan nasi biru ini.

Dinasir dari lamannya roemahpoetih.com, Nasi biru merupakan masakan seperti nasi gurih atau nasi kuning yang mempergunakan pewarna biru alami dari Bunga Teleng yang mempunyai nama ilmiah Clitoria Ternatea. Bunga Teleng yang berwarna biru segar ini merupakan sejenis tumbuhan merambat yang tergolong tanaman polong – polongan. Tanaman ini memang berasal dari Ternate dan sudah lama menyebar di kawasan Asia yang beriklim Tropis.

Konsep mini restonya yang ditata apik dan nyaman (Foto Purwono NA?traveltoday)

Nasi Biru yang Menyehatkan

Nasi Biru disamping menyajikan sensasi nasi gurih dengan warna biru cerah ini, namun juga dilengkapi dengan lauk-pauk yang komplit seperti Empal, Serundeng, Telur Dadar iris, Paru Ungkep, Kering emping, Acar kuning dan sensasi Sambal Sereh yang enak. Birunya nasi memang diolah dari Bunga Teleng yang diambil dan dibiakkan berasal dari kebun sendiri.

Disamping bercita rasa lain, nasi biru yang memang menggunakan pewarna bunga telang, sudah dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Konon kabarnya ada beberapa manfaat bunga telang, seperti menyembuhkan mata merah, melancarkan sistem pencernaan, melancarkan haid, dan lain sebagainya.

Masih Baru, Tapi Menarik dan Unik Masakannya

Roemah Poetih sudah mulai beroperasi sejak Bulan Maret tahun 2017. Walaupun terbilang masih baru, namun mini resto ini ingin menghadirkan eksperimen bumbu masakan, yang diolah dengan resep turun temurun ala Solo dari era 1980an. Maka Roemah Poetih mempunyai semboyan penyajiannya dengan “Enak, Otentik, dan Pas.”

Mini resto berwana putih, yang dikenal dengan Roemah Poetih yang tempatnya yang terletak di Jalan Kranji No 88 Ngaglik, Sleman, Jogja (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Maka, jika Anda berada di kawasan Ngaglik, Sleman, Jogja, sempatkanlah untuk cicipi keunikan masakan nasi birunya yang khas. Disamping itu, Anda juga dapat mencicipi masakan khas Solo lainnya yang juga tak kalah enak dan unik ini.

LEAVE A REPLY