Nikmati Pantai Ternate Bersama Air Guraka nan Sedap

0
522
Air Guraka Ternate yang legendaris itu. (foto: www.tatisuherman.com)

Air Guraka adalah minuman tradisional khas Ternate. Tahun ini, Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017, memasukkan Air Guraka ini menjadi salah satu nominator dalam kategori Minuman Tradisional Terpopuler.

Pernah minum minuman tradisional seperti bandrek dari Jawa Barat, Sekoteng dari Jawa Tengah, atau bahkan Saraba dari Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan maluku? Atau minuman sejenis yang mengandung jahe?

Rupanya Indonesia yang kaya akan rempah telah membuat berbagai wilayah di Indonesia membuat minuman khas daerahnya sendiri sehingga hampir mirip-mirip bahan bakunya. Namun meski serupa, citarasanya tetaplah berbeda.

Air guraka ini juga menggunakan bahan dasar jahe merah dan gula merah, hanya saja dalam minuman ini ditambahkan irisan buah kenari di dalamnya. Tak lupa susu kental manis, atau susu coklat, atau bahkan kopi ikut menjadi campurannya.

Air Guraka Ternate yang oleh masyarakat setempat biasa dinikmati bersama pisang goreng ala Ternate. (foto: traveling.indonesiaflight.id)

Umumnya minuman ini menurut traveling.indonesiaflight.id, disajikan dalam keadaan hangat namun beberapa orang juga menyukai penyajian dengan es. Kata orang-orang Air Guraka ini bisa digunakan untuk diet karena dipercaya mampu melarutkan lemak dari makanan yang baru saja dimakan.

Minuman Guraka, menurut dherdian.wordpress.com, biasanya disajikan bersama-sama dengan Pisang Goreng, di Ternate namanya Pisang Mulu Bebek atau Mulut Bebek, lebih tepatnya (mirip) kripik pisang yang dicocol dengan sambal terasi atau dabu-dabu, ditemani kacang tanah goreng, dan teri goreng. Unik bukan?

Cara membuat Air Guraka yaitu, parutan jahe merah (ada yang lebih suka dikupas, dibakar, lalu dimemarkan), dan gula aren direbus terlebih dahulu dengan air hingga mendidih. Lalu disaring sebelum disajikan, agar racikan jahe dan gula tadi menyatu. Sedangkan kenari, ditambahkan setelah Air Guraka siap disajikan sebagai pelengkap. Kenari diiris tipis terlebih dahulu.  Setelahnya bisa dicampur susu atau kopi sesuai selera.

Nah. Jika Anda bertandang ke Ternate, pastikan mencicipi Air Guraka ini. Banyak dijual di resto-resto sederhana di pinggir pantai. Ajak keluarga untuk duduk-duduk menikmati keindahan alam sambil mencicipi makanan ataupun minuman tradisionalnya. Biasanya, resto tersebut akan menggunakan jahe merah asli halmahera yang katanya lebih  terasa panasnya. Nikmati ombak pantai Ternate, sambil menyeruput Air Guraka nan sedap.

LEAVE A REPLY