Nglaras Roso dan Kenangan Ala Rijsttafel Sederhana

0
915
Rumah Makan yang sudah melegenda sejak dahulu (Repro Purwono NA/Traveltoday)

Rumah makan Nglaras Roso yang berada di Jalan MT. Haryono 701, Gandekpuspo, Semarang, merupakan salah satu resto atau rumah makan tua di Semarang. Rumah makan ini sudah lama merajai resto dengan sajian makanan tradisionalnya yang terkenal enak. Namun, sekarang Nglaras Roso yang pernah merajai di era tahun 1970 hingga 1980an, tentu tidak setenar dahulu.

Namun walaupun tidak setenar dahulu, Rumah makan Nglaras Roso masih menjadi pilihan untuk yang sering dikatakan sebagai istilah Jawa “khembul dahar” atau “makan bersama”, yang dahulu di zaman kolonial lebih dikenal dengan Rijsttafel. Ada beberapa rombongan atau keluarga yang masih memanfaatkan Rijsttafel ini.

Setia dengan Menu Masakan Jawa Tradisional

Apalagi Rumah makan Nglaras Roso masih tetap setia menyediakan aneka macam masakan khas Jawa dari gudeg, nasi langgi, nasi gudangan, nasi berkat, nasi kuning, nasi bogana, nasi pecel dan juga lontong opor serta lontong cap go meh. Rumah makan Nglaras Roso yang berada di Jalan MT. Haryono, dikenal sebagai rumah makan yang terbilang cukup lama merajai Semarang.

Perkembangan demi perkembangan (Repro Purwono NA/raveltoday)

Awalnya, dahulu Nglaras Roso mengawalinya dengan rumah makan sederhana, yang berkembang dengan setingkat resto yang senantiasa menjadi langganan model Rijsttafel bagi kalangan menengah di era-era tahun 1970an. Kebanyakan mereka makan bersama keluarga atau bersama rombongan kantoran.

Bertahan dalam Persaingan yang Semakin Berat

Namun, Rumah makan Nglaras Roso yang masih hingga dewasa ini, bertahan dengan model prasmanan (buffet), dan dengan berbagai pilihan menu. Sekarang ini sudah jarang, “khembul dahar” atau suatu bentuk Rijsttafel. Rumah makan Nglaras Roso yang sekarang hanya sebagai rumah makan umum, bahkan lebih dikenal penyedia makanan gudeg dus.

Rumah makan Nglaras Roso yang berada di Jalan MT. Haryono 701 di tahun 1980an (Repro Purwono NA/Traveltoday)

Perkembangan dewasa ini, dengan persaingan yang semakin berat dalam bisnis restoran, membuat Rumah makan Nglaras Roso harus berusaha bertahan dan berinovasi, walaupun tentu akan semakin berat dan tak mudah. Apalagi, gaya Rijsttafel pun hanya terjadi di ruang-ruang restoran elite semata sekelas hotel.

LEAVE A REPLY