Nasi Liwet, Nasi Enak Kaki Lima Khas Solo

0
312
Sajian Nasi Liwet Solo dengan potongan paha ayam (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Nasi Liwet memang nasi khas nusantara yang sudah dikenal oleh banyak kalangan masyarakat di berbagai daerah. Salah satu yang terkenal adalah Nasi Liwet Solo. Di berbagai pelosok Kota Solo, Anda dapat menemui sudut-sudut pedagang kaki lima yang menjajakan Nasi Liwetnya. Anda dapat menyambangi sentranya di daerah Pasar Kliwon, disekitar Kraton Mangkunegaran dan di daerah Kartasura Ceper, tepatnya di pinggir jalan raya penghubung Solo-Boyolali.

Nasi Liwet kaki lima yang lengkap dengan sambal jipangnya (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Jika Anda melewati perempatan Kartasura menjelang malam, tepatnya di sepanjang pinggir jalan raya penghubung Solo-Boyolali, akan Anda jumpai banyak sekali pedagang Nasi Liwet yang berjualan. Anda dapat memilih salah satu diantaranya yang biasanya menyajikan Nasi Liwet dengan lesehan.

Sajian kaki lima Nasi Liwet Solo biasanya juga menyediakan menu lain selain Nasi Liwet, yaitu bebek goreng dan ayam goreng serta nasi opor yang kadang menjadi pelengkap. Tempatnya pun enak, sambil lesehan menikmati malam, walaupun tentu ramai karena terletak di pinggir jalan utama yang menghubungkan Kota Solo dengan Jogja dan Jawa Tengah.

Suasana Warung Kaki Lima Nasi Liwet Solo (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Nasi Liwet memang terkenal gurih dan khas dengan campuran sayur pedas jipang yang enak. Biasanya juga ada sajian telur, potongan lombok hijau dan pilihan potongan ayam. Nasi Liwet disajikan secara hangat dengan lampiran daun pisang diatas piring yang membuat aroma sedap.

Anda dapat memilih lauk potongan ayamnya, dari paha atas, bawah, dada, atau ceker serta kepala. Bahkan juga disediakan sate jeroan ati yang menambah selera. Biasanya potongan ayam yang Anda pilih mempengaruhi harga per porsinya. Rata-rata per porsi Nasi Liwet dengan potongan paha ayam sekitar Rp.15.000 hingga Rp.20.000an.

Pedagang kaki lima Nasi Liwet yang berjajar dis eputar jalan Solo-Boyolali-Jogja (Foto Purwono Nugroho Adhi)

Dalam laman travel.kompas.com pernah diuraikan bahwa Nasi Liwet Solo lahir dari kalangan masyarakat bawah. Konon Nasi Liwet Solo berasal dari suatu desa yang bernama Menuran, Baki, Sukoharjo. Nasi Liwet Solo sudah dikenal sejak tahun 1934 bahkan kuliner ini pernah diungkap dalam Serat tua Centhini.

LEAVE A REPLY