Nasi Biryani, Sensasi Kuliner Timur Tengah yang Kian Indonesia

0
416
Biryani dengan sajian ayam dengan tirisan lemon (Foto: sifu.unileversolutions.com)

Nasi Biryani yang dikenal seperti nasi goreng ini, sudah tidak asing menjadi kuliner khas Timur Tengah yang sudah lama bertebaran di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya. Cara dan tekstur masakannya mirip dengan apa yang disebut dengan Nasi Kebuli.

Dalam laman www.nibble.id, disebutkan ada banyak resto atau rumah makan di Jakarta yang telah menyajikan nasi jenis ini, diantaranya resto Al Jazeerah Signature, di Menteng, ada juga resto Abunawas di Kemang Utara Raya dan masih ada beberapa lagi. Nasi Biryani memang dibuat dari bahan dasar beras yang sudah direbus. Lalu dimasak dengan minyak yang khas, yaitu samin.

Bumbunya Begitu Beragam

Bumbunya pun begitu beragam dengan rempah-rempah antara lain kacang-kacangan, kapulaga, kayu manis, jintan, daun salam, cengkeh, hingga ketumbar. Bahkan ditambahkan juga daun mint, dan jahe. Maka, Nasi Biryani memang dikenal begitu komplit bumbunya. Apalagi, sering ditambahkan lauk ayam, atau daging yang kental dengan bumbu karinya.

Biryani yang sudah diolah dengan cita rasa Indonesia (Foto http://integratedinfo.com.my)

Oleh karena itu, Nasi Biryani memang dikenal harganya diatas rata-rata kuliner pada umumnya nasi di Indonesia, apalagi jika ditambahkan beberapa olahan dagingnya juga. Kebanyakan para pelanggan Nasi Biryani ini adalah para pendatang dan para keuturunan Timur Tengah termasuk India yang memang baru berkunjung atau menetap di Indonesia.

Sering Keliru dengan Nasi Kebuli

Orang memang sering kali keliru, menganggap Nasi Biryani juga sebagai Nasi Kebuli, walaupun memang mempunyai bahan dan pengolahan yang hampir sama, namun memang berbeda. Nasi Kebuli biasanya lebih ada olahan kaldu daging kambing dan susu kambing, yang biasanya ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Salah satu sudut resto Al Jazeerah Signature, di Menteng yang menyajikan menu Biryani (Foto bp.blogspot.com)

Nasi Biryani di Indonesia memang termasuk kuliner papan atas sugguhan restoran-restoran tertentu, karena bahan dasar berasnya mempergunakan beras basmati yang berasal dari India. Berasnya biasanya memiliki bentuk lebih langsing dan lebih panjang. Bahkan, beras ini juga memiliki aroma yang lebih harum.

LEAVE A REPLY