Nama Unik ‘ Pulau 1.000 Janji’, Destinasi di Pulau Birandang!

0
27
Ritual 'Balimau Kasai' di Pulau 1.000 Janji, ritual pembersihan diri jelang Ramadan. (Foto: Dheana Sari/You Tube)

Pulau Birandang masuk wilayah Kabupaten Kampar, Pekanbaru. Pulau 1.000 janji merupakan destinasi wisata baru. Namanya unik, seunik pemandangan memukau yang amat cocok jadi spot yang instagramable.

Pulau 1.000 Janji ini hanya berjarak kurang lebih 30 KM dari Pekanbaru. Sekitar 30 menit Anda dapat sampai di sana. Cukup dekat bukan?

Pemerhati Pariwisata asal Kota Pekanbaru, Hardi Pramadya Utama mengatakan, suasana asri Pulau Birandang memberi kesan pemandangan desa yang sejuk dan damai.

Pohon-pohon besar dan suasana persawahan menjadikan desa ini bisa menjadi alternatif warga kota untuk menghabiskan liburan akhir pekan.

Foto: jurnalmadani.com

“Kita berharap pemerintah setempat khususnya Desa Pulau Birandang bisa segera melirik potensi ini. Jika kawasan Pulau 1.000 janji dikelola dengan baik, pasti bisa memberikan pendapatan lebih untuk masyarakat lokal dan desanya, ” jelas Hardi Pramadya Utama.

Ritual Balimau Kasai

Tokoh Pemuda Pulau Birandang, Tomas Naldo Abira, dalam GoRiau, Pulau 1.000 Janji sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat lokal, salah satunya adalah sebagai lokasi ‘balimau kasai’ yang menjadi ritual tahunan di pulau ini.

“Ratusan masyarakat berbondong-bondong mendatangi Pulau 1.000 Janji, sekadar merayakan ritual tahunan ‘balimau kasai’ sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,” ujarnya.

Pulau 1.000 Janji, menurut Tomas merupakan aset Desa Pulau Birandang, dengan nilai jual wisata yang disebut setara dengan objek wisata lain yang tengah naik daun di Kampar.

Ini karena lokasi Pulau 1.000 Janji yang strategis, terutama jika dua ruas jalan Pekanbaru-Danau Bingkuang telah diselesaikan.

“Sebut saja Pulau Cinta di Teratak Buluh, Sungai Hijau di Salo dan Ulu Kasok di IIIV Koto Kampar bisa disejajarkan dengan Pulau 1.000 janji. Kita menang di lokasi yang bisa ditempuh dalam waktu singkat dari Kota Pekanbaru. Apalagi kalau jalur dua ruas jalan Pekanbaru – Danau Bingkuang jadi, menjadikan spot wisata Pulau 1.000 janji semakin strategis,” ungkapnya.

Berbagai Obyek Wisata Lain Pulau Birandang

Nah, wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini di Desa Pulau Birandang, Tomas juga menghimbau agar masyarakat tidak melewatkan obyek wisata lainnya yang ada di daerah tersebut.

Jembatan irigasi gantung, Danau Simbat, dan beberapa spot di Pulau Birandang yang tampak seperti ‘permadani hijau’ di persawahan.

“Bukan hanya pulau 1.000 Janji, ada juga Jembatan irigasi gantung dengan view sekelilingnya persawahan masyarakat, dan Danau Simbat, merupakan aset desa yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat tujuan wisata yang bernilai jual, ” tutupnya.

LEAVE A REPLY