Nah, Ini Dia 7 Tips Aman Bagi Traveler Perempuan!

0
134
Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Traveler, beberapa tips aman bagi traveler perempuan yang hendak melakukan perjalanan wisata. Yah, kejadian pemerkosaan turis di Labuan Bajo tentu menjadi keprihatinan semua orang. Perempuan yang traveling, apalagi sendirian, mesti ingat beberapa tips keamanan perjalanan.

Sebenarnya memang tak ada salahnya traveler perempuan melakukan solo traveling, namun kehati-hatian memang harus diutamakan.

Mulai dari memilih destinasi yang aman, sampai menghindari tempat-tempat sepi,  ada aneka tips solo traveling yang bisa dicoba untuk mengurangi kemungkinan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Nah, bersumber dari detikTravel, Ini Ada 7 tips traveling aman buat para Traveler perempuan:

1. Cari sebanyak mungkin info

Pilihlah destinasi di dalam ataupun luar negeri yang tergolong aman. Sejumlah lembaga dan situs online ada yang melakukan survei mana saja destinasi yang aman untuk traveler perempuan. Seberapa tinggi tingkat kejahatan di sana, ceklah. Bila perlu, dengarkan kata teman atau saudara yang pernah berada di destinasi tersebut. Segala informasi mendetail terkait wisata, seperti apa saja objek wisatanya, budaya setempat, moda transportasi, penginapan, hingga kuliner lokal, juga wajib untuk diketahui.

2. Pilih pemandu wisata berlisensi

Sebaiknya selektif dalam memilih pemandu wisata ini. Tanyakan identitas jelasnya saat ada tawaran pemandu wisata untuk Anda. Baiknya dicek terlebih dahulu, apakah ia bagian dari travel agent tertentu. Kalau perlu mintalah bukti bahwa dia memang pemandu wisata resmi, misalnya dengan menunjukkan sertifikat pramuwisata yang bisa juga berupa kartu. Jika dirasa mencurigakan, tolaklah dengan halus dan cari tour guide lain yang dirasa lebih meyakinkan.

4. Bentengi diri dengan alat komunikasi

Bawalah barang-barang secukupnya. Ponsel, charger serta powerbank, penting untuk selalu dibawa. Siapkan semua nomor telepon penting, apabila hal yang tidak Anda harapkan Anda pikir akan terjadi.  Jadi, bila memang terjadi apa-apa dan butuh apapun, Anda bisa langsung menghubungi pihak berwenang maupun kedutaan.

4. Hati-hati dengan orang yang baru dikenal

Saat mendapat teman baru, tak ada salahnya untuk sedikit menaruh rasa curiga terhadap orang yang berkelakuan baik. Bukan tidak mungkin ada maksud tertentu di balik perilaku baiknya. Tetaplah bersikap baik di depan para kenalan baru, namun tetap harus waspada dan jangan serta merta memberikan kepercayaan penuh. Hal ini untuk menghindari kemungkinan mereka melakukan kejahatan

5. Hindari tempat sepi, cari keramaian

Jika objek wisata ataupun restoran yang ingin Anda datangi terlihat sepi, sebaiknya tunda dulu kunjunganya dan  cobalah cari informasi pukul berapa biasanya tempat tersebut akan ramai.

6. Sebisa mungkin, hindari perjalanan malam

Bepergianlah saat matahari tiba hingga di sore hari.  Saat matahari terbenam,  berpikirlah untuk tetap di penginapan. Bila terpaksa, mintalah untuk ditemani oleh orang yang terpercaya.

7. Ajaklah teman

Di era milenial begini, tentu kehidupan berjejaring sudah tak sulit lagi. Jadi, meskipun Anda sedang berniat untuk melakukan solo traveling, tak ada salahnya menghubungi kenalan terpercaya Anda di setiap destinasi yang hendak Anda tuju.  Traveler akan lebih aman dalam berwisata, sekaligus mendapat banyak teman baru.

Nah, siapkah melakukan solo traveling, wahai Traveler perempuan?

LEAVE A REPLY