Mudik Lewat Pantura, Bisa Mampir di 7 Destinasi Wisata Ini!

0
93
Air Terjun Nglirip Tuban yang eksotis ini termasuk berada di jalur Pantura. (Foto: piknikasik.com)

Traveler, bila Anda pilih jalur pantai utara alias Pantura di perjalanan mudik, Anda bisa lho mampir di beberapa destinasi wisata yang tersebar di sepanjang jalur Pantura ini. Pastinya bakal tetap seru dan menyenangkan libur Lebaran Anda bersama keluarga.

Berbagai pilihan menarik dapat mewarnai perjalanan mudik Anda. Mulai dari wisata alam, wisata religi, atau wisata yang berkonsep edukatif? Wah, Anda bisa merundingkannya bersama keluarga.

Nah, adari berbagai sumber, Travel Today himpun untuk Anda, 7 destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga di sepanjang jalu Pantura yang Anda lewati. Yuk!

1. Relaksasi ‘bersama’ ikan dewa di Cibulan, Kuningan

Seru dan segar, berenang bersama ikan dewa di Cibulan, Kuningan. (Foto: www.liburananak.com)
Beristirahatlah di Kabupaten Kuningan. Relaksasi dapat Anda lakukan bersama ikan dewa lho, kolam ikan dewa di Cibulan, di kaki Gunung Ciremai. Wih, sudah pasti langsung bisa membayangkan kesegaran airnya. Ada dua kolam lainnya yang tidak berisi ikan, bila Anda enggan berenang bersama ikan-ikan dewa yang jinak itu. Banyak permainan yang bisa dinikmati bersama. Aksesnya juga tak jauh dari jalan utama.

2. Memburu batik di Kampung Batik Trusmi, Cirebon

Bahagianya masih ada generasi yang menekuni seni membatik di Kampung Batik Trusmi. (Foto: www.jatiasih.my.id)
Oleh-oleh untuk sanak saudara masih ada yang kurang? Anda bisa memburunya di Kampung Batik Trusmi, Cirebon. Hati-hati, jangan kalap, sebab corak-coraknya bakal menggoda Anda.

3. Berfoto di Pantai Alam Indah, Tegal

Foto: wisatagucitegal.id.tc
Masuk ke kawasan tegal, jangan lupa relaksasi dengan memandang jauh-jauh lukisan alam di Pantai Indah Alam, Tegal. Pantai ini menjadi ikon Kota Tegal. Berhenti sejenak, nikmati semilir atau sedikit melepaskan kepenatan di perjalanan dengan menyusuri pasir pantainya. Wow. Jangan lupa ambil foto untuk kenangan kebersamaan libur Lebaran Anda!

4. Menghibur si kecil di Batang Dolphin Center, Batang

Anak-anak pasti suka melihat atraksi hebat ini. Lumba-lumba ini tetap dipelihara dan dilestarikan lho. (Foto: travelingyuk.com)

Si kecil mulai bosan? Pemudik dengan tujuan daerah Semarang, Tuban, Surabaya, dan lainnya, bisa singgah ke Batang Dolphin Center di Batang, Jawa Tengah. Istirahatlah bersama keluarga sambil menyaksikan atraksi lucu lumba-lumba yang ada di Batang Dolphin Center. Selain sebagai pusat pelestarian lumba-lumba, Batang Dolphin Center juga menjadi destinasi wisata yang seru.

5. Sempatkan wisata religi di Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Terasa kemegahanNya berada dalam bangunan Masjid Agung Jawa Tengah. (foto: KMSOindonesia)

Memang, ada berbagai ikon wisata di Semarang. Anda bisa ke Lawang Sewu, Tugu Muda, namun jangan lewatkan Masjid Agung Jawa Tengah yang bakal membuat Anda takjub. Ada Menara Al Husna yang juga menarik perhatian wisatawan, karena di sana Anda dapat melihat Kota Semarang, dari ketinggian 99 meter.

6. Menekuri keindahan Air Terjun Nglirip, Tuban

Indahnya pemandangan Air Terjun Nglirip, Tegal ini. (Foto: www.reresepan.com)

Masuk wilayah Tuban, Jawa Timur, jangan lupa mampir ke lokasi air terjun yang cantik ini. Mata aiinya berasal dari hutan Kerawak, dengan ketinggian lebih dari 25 meter. Anda akan terpukau dengan irama gemericik airnya.

7. Belajar hal baru Monumen Kapal Selam, Surabaya

Yuk belajar banyak hal baru di kapal selam raksasa ini! (Foto: www.puanpertiwi.com)

Anda bisa menjelajahi isi kapal selam betulan yaitu KRI Pasopati 410 di Surabaya ini. Kapal selam raksasa ini buatan Rusia yang mengabdi pada Angkatan Laut RI mulai sejak th. 1962.  Ada video dokumenter yang bercerita peristiwa KRI Pasopati 410 dan Angkatan Laut RI. Kapalnya sangat besar!

LEAVE A REPLY