Morotai sebagai ‘Hidden Paradise of East Indonesia’

10 Bali Baru

0
256
Wisata ke Pulau Morotai. Hidden Paradise of East Indonesia... (foto: tripswisataindonesia.blogspot.co.id)

Morotai, diakui sebagai Hidden Paradise of East Indonesia. Bagaimana tidak, keindahan panorama dan bawah lautnya amatlah luar biasa. Terdapat destinasi wisata menakjubkan yang cukup banyak di Pulau Morotai, Maluku Utara ini. Semua menawarkan keunikannya masing-masing.

Betapa indahnya alam Morotai ini…sungguh hidden paradise of East Indonesia. Betapa beruntungnya kita. (foto:pulaumorotaikab.co.id)

Merupakan zona nostalgia Perang Dunia II, saat itu Pulau Morotai memiliki peran strategis. Pulau Morotai adalah basis kekuatan Jepang untuk menguasai Indonesia, Filipina, dan sebagian Malaysia. Terjadi Perang Morotai yang melibatkan sekutu Amerika, UK, Australia, dan Belanda melawan Jepang pada 15 September 1944. Bangkai kapal perang, meriam artileri, kendaraan ampibi, landas pacu serta bunker perlindungan, adalah artefak sisa Perang Dunia II yang masih dapat ditemukan di Pulau Morotai.

Salah satu artefak berupa bangkai pesawat peninggalan Perang Dunia II, berada di lokasi museum bawah laut, Wawama Wreck Point. Tempat ini merupakan tempat andalan para penyelam. Rencananya, menurut berbagai berita,  pada peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-72 nanti, sejumlah penyelam di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara ini akan menggelar upacara pengibaran Sang Merah Putih pada kedalaman 45 meter di bawah permukaan laut. Wawama Wreck Point adalah satal satu spot yang paling diminati divers domestik maupun mancanegara.

Para penyelam Morotai yang sedianya akan melakukan upacara pengibaran bendera di kedalaman 45 meter di bawah permukaan air, dalam rangka HUT RI ke-72. (foto: media NTT)

Pulau Morotai sendiri, menurut Wikipedia, adalah nama sebuah pulau sekaligus kabupaten definitif baru yang terletak di kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku, Indonesia. Sebagai bagian dari Provinsi Maluku Utara, Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia.

Kabupaten Pulau Morotai diresmikan pada 28 Oktober 2008 oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Halmahera Utara. Pulau ini sebagian besar berupa hutan dan memproduksi kayu serta damar. Pulau Morotai sangat strategis sebagai jalur perdagangan di timur Indonesia. Memiliki kekayaan alam seperti emas, biji besi dan sebagainya, juga potensi wisata bahari yang mempesona.

Sebut saja beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di Pulau Morotai; Air Terjun Leo Leo, Air Terjun Raja, Air Terjun Bunga Kokota, Pulau Kokoya,Pulau Dodola, Pulau Sum Sum, Tanjung Gorango, Tanjung Sopi, Taman Kota Druba, Pantai Rorasa,…amboi, masih banyak lagi wisata yang luar biasa indahnya. Para peselancar dan juga penyelam pastilah akan menemukan surganya di Pulau Morotai ini.

Para traveler pun bisa mulai melingkari destinasi wisata berikutnya ke Pulau Morotai ini. Teristimewa karena Anda akan menemukan ‘Hidden Paradise of East Indonesia’ di sana.

LEAVE A REPLY