Morotai, Fenomena ‘Laut Terbelah’ Antar Pulau Dodola

10 Bali Baru

0
456
Fenomena 'Laut Terbelah' yang membentang di antara Pulau Dodola besar dan Pulau Dodola Kecil, Kabupaten Morotai, Maluku Utara. (foto: youtube maxresdefault)

Seperti laut yang terbelah di jaman Musa, travelers bisa merasakan fenomenanya ketika berada di Pulau Dodola, Kabupaten Morotai, Maluku Utara. Morotai memang terkenal oleh perairan yang sangat indah. Tapi tak banyak yang tahu, sebuah gosong pantai menghubungkan Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar membentang di tengah laut seolah terdapat laut yang terbelah di sana.

Menurut ibaca.net, Pulau Dodola hanya berjarak sekitar 5 Km dari Daruba, ibukota Kabupaten Morotai. Traveler bisa menyambangi Dodola naik speedboat, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Dodola terbagi menjadi 2, yakni Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Saat air laut sedang surut, traveler bisa melihat gosong pasir yang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Saat air laut surut pula, traveler bisa melihat ‘batu kopi’. Sesuai namanya, batu ini menebar bau harum khas kopi yang aromanya tercium kemana-mana. Dodola Besar dan Dodola Kecil yang ada di Pulau Morotai itu tergolong pulau tak berpenghuni. Namun, jika Anda ingin menikmati pesona pulau ini, terdapat 3 penginapan yang cukup memadai sebagai tempat beristirahat sebelum melanjutkan eksplorasi Pulau Morotai dan sekitarnya.

Pulau-pulau eksotis Maluku Utara. Pulau Dodola, Kabupaten Morotai. (foto: www. siaranindonesia.com)

Konon kabarnya, pulau ini menjadi salah satu tempat favorit Jenderal MacArthur semasa Perang Dunia II. Hamparan pasir putih di pulau ini menjadi tempat peristirahatan tentara sekutu. Tepat untuk relaksasi.

Selain mengunjungi langsung gosong pantai antara kedua pulau, banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pulau Dodola. Anda bisa snorkeling untuk menyaksikan satwa laut dari perairan dangkal, diving di spot-spot menakjubkan dengan panorama terumbu karang yang berwarna-warni, atau sekadar berenang untuk melemaskan otot di tengah laut Pulau Morotai yang begitu jernih. Pemandangan bawah air di sekitar Pulau Dodola memang sangat indah.

Nah, tempat yang terisolasi dari keramaian ini benar-benar menyihir travelers sampai-sampai Pulau Morotai menjadi destinasi wisata favorit travelers lokal maupun mancanegara. Sungguh, rasakanlah berjalan kaki seolah sedang di tengah lautan. Dengan pasir putih nan halus, serta air yang jernih. Anda tertarik?

 

LEAVE A REPLY