Misteri Pohon Taru Menyan di Desa Trunyan

0
128
Desa Trunyan. Letaknya di Bangli, Bali, tepatnya di Danau Batur, dengan pohon Taru Menyan yang berusia ribuan tahun. (foto: Angkul Angkul Bali)

Pohon Taru Menyan yang misterius itu membuat masyarakat sekitarnya menjadikan nama desanya senanda, Desa Trunyan. Letaknya di Bangli, Bali, tepatnya di Danau Batur.

Jika hendak ke sana, Anda harus naik perahu dari dermaga Desa Penelokan, Kintamani, Perjalanan menuju makam ditempuh dalam waktu 40 menit.

Menurut Majalah Bobo edisi 29 tahun 2017, tak ada penduduk Desa Trunya yang tahu kapan pohon itu mulai tumbuh. Nama pohon itu sendiri berarti ‘taru’ berarti kayu, sedang ‘menyan’ berarti pohon yang wangi. Diperkirakan pohon ini telah berusia ratusan tahun.

Trunyan 1 - Misteri Pohon Taru Menyan di Desa Trunyan
Desa Trunyan memiliki adat yang unik yaitu meletakkan jenasah begitu saja di bawah pohon Taru Menyan. (foto: iKocak.com)

Seperti dilansir boombastis.com, pohon Taru Menyan yang ada di desa Trunyan memiliki usia kurang lebih sebelas abad atau lebih dari seribu tahun. Pohon ini konon yang tertua di Bali dan masih bisa tumbuh hingga sekarang. Penduduk setempat meyakini bahwa pohon ini tidak hanya pohon biasa yang tumbuh dengan mengambil nutrisi dari alam tapi juga dari mayat yang ada di bawahnya.

Sebentar, mayat? Wih, ternyata menurut Adat Desa Trunyan mengatur tata cara menguburkan mayat bagi warganya. Jenazah tidak dibakar selayaknya upacara Ngaben di Bali, namun diletakkan begitu saja di bawah pohon Taru Menyan. Dan ajaibnya, tak satupun tercium bau busuk dari mayat-mayat tersebut.

Sulur-sulur pohon yang memanjang dianggap menyerap apa saja yang ada di sekitarnya. Bahkan ada yang bilang jika aura negatif juga diserap oleh pohon ini sehingga kawasan ini jadi bersih. Meski terlihat mengerikan kawasan Trunyan justru bersih baik dari segi lahiriah maupun batiniah.

Kemampuan pohon Taru Menyan yang unik tentu membuat banyak orang ingin menanamnya juga di rumah. Mereka mulai mencari cara bagaimana memperbanyak pohon yang ada di pintu masuk desa Trunyan. Sayangnya, meski beragam cara sudah dilakukan, pohon ini sama sekali tidak  bisa hidup di luar kawasan Trunyan yang dikenal sangat sakral ini.

Trunyan 2 - Misteri Pohon Taru Menyan di Desa Trunyan
Pemandangan inilah antara lain yang membuat wisatawan mancanegara penasaran dan berdatangan. (foto: Happy Walking)

Kemampuan yang unik dari Taru Menyan ini menarik banyak wisatawan untuk datang. Para turis dari mancanegara penasaran dan  ingin menyaksikan sesuatu yang unik dan tidak bisa ditemui di daerah lain. Bukannya takut, para wisatawan mancanegara ini justru tertarik dan betah lama-lama di sini.

Mereka juga tertarik dengan pohon Taru Menyan yang unik. Traveler yang datang masih penasaran. Bagaimana caranya pohon ini menyerap bau? Apa alasan pohon ini susah dibiakkan? Iyakah ada kekuatan gaib atau hanya keterbatasan manusia dalam memperbanyak tanaman?

Semua memang masih menjadi misteri alam.

LEAVE A REPLY