Mirip Lepet, Kue Bantal Asal Lombok Ini Juga Berbahan Ketan Lho!

0
427
Foto: www.apwtour.com

Traveler, kue bantal yang merupakan kuliner tradisional Lombok yang beragam itu, ternyata ada yang mirip dengan penganan Jawa yaitu lepet lho. Keduanya berbahan ketan dan ada rasa gurihnya.

Dinamakan Kue Bantal barangkali memang dapat dilihat dari bentuknya yang mirip bantal. Berbeda dengan Lepet yang memanjang, Kue Bantal memang berbentuk persegi dan ‘gembul’.

Di Jawa juga ada Kue Bantal yan merupakan pasangan dari Cakue. Namun di Semarang, Kue Bantal ini kerap disebut dengan Bolang-Baling.

Nah, lepas dari itu semua, Kue Bantal Lombok punya ini tidaklah manis dan bukan terbuat dari tepung terigu. Terkadang Kue Bantal disebut juga dengan Kue Tekel.

Tadinya  Kuliner Ramadhan

Pada awalnya, kue bantal merupakan kuliner khas Ramadan. Kemudian, seperti dilansir merahputih.com, seiring peminatnya yang banyak, terutama dari kalangan wisatawan, kue ini dijual juga di luar bulan suci.

Foto: merahputih.com

Di Lombok, Bue Bantal merupakan penganan olahan ketan dicampur parutan kelapa yang hampir mirip dengan cara pengolahan Lepet, namun Kue Bantal diberi isian kacang merah atau bisa juga pisang.

Jadi, Kue Bantal dibungkus daun aren, lalu diikat. Biasanya Kue Bantal yang dijual diikat beberapa buah dengan cara mengumpulkan bagian ujung janurnya.

Rasa kue bantal gurih dari ketan dan campuran kelapa yang berisi kacang tolo cenderung asin. Nah, untuk Kue Bantal yang berisi pisang, rasanya cenderung gurih manis.

Salah satu wilayah penjualan kue bantal yang terkenal yaitu di Desa Gapuk, Lombok Timur. Kalau jalan-jalan ke Pulau Lombok, kamu bisa melengkapi wisata kuliner dengan mencoba kue bantal.

Atau wisatawan bisa juga ke daerah Anjani. Di pinggir-pinggir jalan Kue Bantal ini banyak dijual.

LEAVE A REPLY