Mie Pentil, “Spaghetti” ala Bantul

0
324
Mie pentil Bantul yang bentuknya mirip pentil karet sepeda, mie pentil ini sungguh menggugah selera. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Pernahkah Anda mendengar mie pentil, kuliner khas dari Bantul Yogyakarta? Mengapa, orang menyebutnya mie pentil. Dalam laman krjogja.com, sebutan mie pentil, dikarenakan makanan mie ini serupa dengan pentil atau sejenis karet untuk penutup pada lubang udara pada roda sepeda atau motor. Bentuknya panjang seperti umumnya mie biasa, namun dengan rasa gurih dan sedikit kenyal.

Mie pentil ini biasanya berwarna kuning atau putih dan disajikan bersama sambal serta brambang goreng. Tentu saja mie pentil tidak dapat ditemukan di berbagai tempat toko-toko pada umumnya, karena dibuat secara industri rumahan. Biasanya mie pentil ini hanya dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional di wilayah Bantul Yogyakarta.

Sajian mie pentil yang telah ditimbang, diberi sambal penambah selera. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Dalam laman kompasiana.com, konon katanya mie pentil berasal dari daerah Pundong, Bantul, Yogyakarta. Bahan dasar mie ini terbuat dari pati ketela. Banyaknya masyarakat Pundong Bantul yang berprofesi menjadi pengrajin makanan dengan bahan dasar pati ketela, menjadikan tempat itu sebagai pusat kuliner mie pentil.

Tentu, bahan dari sari pati ketela ini tidak hanya dibuat sebagai mie pentil, tetapi aneka kerupuk, dan mie mendes yang juga terkenal. Mie pentil bagi masyarakat Bantul memang memiliki keunikan dan sajian tersendiri, karena biasanya citarasa mie dibungkus dengan daun jati atau daun pisang dengan sajian sambal yang pedas.

Para penyaji mie pentil pun sering bergurau dengan mangatakan mie penting sebagai “Spaghetti” ala Bantul. Maka, jika Anda berkunjung ke seputar Bantul Yogyakarta, sempatkanlah untuk mampir di beberapa pasar tradisional untuk merasakan keunikan mie pentil ini.

Mie pentil hadir dalam dua warna, putih dan kuning. Kesemuanya menggunakan pewarna alami, aman untuk tubuh. (foto: Purwono Nugroho Adhi)

Harga ditanggung murah, karena biasanya per-bungkusnya hanya 1000 rupiah. Jika Anda menginginkan lebih, silahkan ditimbang sesuai ukuran pesanan Anda, tentu dengan menambah harga yang tidak begitu mahal. Sajian unik kuliner mie pentil ini tentu juga akan mengundang selera Anda.

Sajian mie pentil dapat menjadi makanan kudapan untuk melepas rasa lapar, pas untuk menu sarapan Anda. Tentu saja, karena ini terbuat dari bahan dasar pati, maka tidak terlalu mengenyangkan, namun akan membuat Anda ketagihan.

 

LEAVE A REPLY