Meriah Nian Gorengan Priangan di Cigugur Kuningan

0
545
sajian aneka gorengan khas dari Bala-bala, Cireng, Gehu dan lain sebagainya (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Gorengan Priangan memang dikenal meriah dan berbagai macam jenisnya, sehingga tentu akan membuat Anda tertarik untuk mencicipi. Untuk itu, ketika Anda menyusuri daerah Priangan atau Parahyangan yang salah satunya di kawasan Kabupaten Sumedang dan Kuningan khususnya di daerah Cigugur, Anda akan menjumpai penjual gorengan khas dengan pikulannya. Travel Today Indonesia mencoba menelisik menariknya Gorengan Priangan ini.

Biasanya penjualnya membuka lapaknya di kawasan ramai, seperti dekat pasar dan depan tempat wisata. Uniknya, lapak jualannya mempergunakan bekas penutup kipas angin yang dirangkai menarik agar dapat menyajikan berbagai hidangan gorengan khas priangan yang komplit.

Biasanya berjualan di tempat yang ramai seperti pasar dan tempat wisata (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Gorengan yang Meriah dan Beragam

Menyambangi Gorengan Priangan, Anda akan disajikan berbagai macam aneka gorengan khas dari Bala-bala, Cireng, Gehu (semacam tahu isi), Cipe (mirip dengan tempe mendoan), Oncom, Combro, dan berbagai Aci-acian (makanan yang terbuat dari tepung tapioka atau tepung dari pati singkong). Saking komplitnya, tentu akan membuat Anda bingung mau memilih mana saja.

Anda dapat memilih beberapa atau versi komplit, sehingga bisa mencicipi semuannya. Harganya pun murah meriah. Biasanya dengan Rp. 10.000, Anda sudah bisa mencicipi versi komplit semuannya, walaupun jumlahnya permacam antara 2- 3 saja.

Gorengan Priangan memang berbeda dengan sajian “Gilo-Gilo” khas Jawa Tengah. Gorengan Priangan lebih menonjolkan khas jajanan ala Sunda yang memang sudah dikenal lama. Sajian jajanan khas inilah yang membuat menjadi lebih menarik.

Kadang Sulit Ditemui

Sayangnya, para penjual lapak pikulan Gorengan Priangan ini tidak mudah dijumpai. Di daerah Cigugur, Kuningan saja, hanya terlihat satu penjual saja. Di Kota Bandung pun kadang juga sulit ditemui. Jika ada, tidak terlalu komplit dengan berbagai macam ragamnya.

Lapaknya unik, mempergunakan bekas kipas angin (Foto purwono NA/Traveltoday)

Maka, jika Anda menelusurinya, khususnya di daerah-daerah Priangan dari Bandung, Ciamis, Garut, Sumedang, Cimahi, Cianjur, Sukabumi bahkan sampai Bogor,  cobalah untuk mampir. Semoga Anda masih dapat menemukan yang menyajikannya komplit, dengan kekhasannya mempergunakan tempat lapak bekas kipas anginnya.

LEAVE A REPLY