Menyusuri Thames River dari Westminster ke Greenwich

0
611
Menyusuri Sungai Thames dengan mengikuti paket cruise tour adalah pilihan untuk menikmati sudut-sudut London melalui sungai. (Foto: Travel Today)

Thames River adalah sungai terbesar di Inggris. Sungai ini membelah kota London dari hulu ke hilir. Sejak dulu sungai ini telah menjadi jalur transportasi utama di Inggris. Saat ini Sungai Thames telah menjadi jalur transportasi wisata yang sangat sibuk di dunia. Hampir setiap 10 menit ada paket cruise tour yang dikelola oleh beberapa operator wisata khusus menyusuri sungai ini.

Dalam kunjungan ke London kali ini saya menyempatkan diri untuk ikut salah satu paket cruise tour, yaitu Circular Cruise Tour. Tempat penjualan tiket utamanya ada di Westminster, pas di sebelah Stasiun Westminster dan di seberang London Eye.

Paket yang ditawarkan ada dua, yaitu paket menuju London Bridge yang dibanderol 10 pounds per orang dan paket menuju Greenwich dengan harga 18 pounds per orang. Itu sudah harga pergi-pulang. Jika kita membeli dengan menggunakan kartu Oyster, kartu travel yang bisa dipakai untuk naik kereta dan bus, maka kita mendapatkan potongan harga sebesar 33 persen. Lumayan juga.

Cruise berangkat setiap jam. Saya memilih keberangkatan jam 10 pagi. Sebelum jam 10 kita sudah diminta untuk menaiki kapal. Jam 10 tepat kapal melepas sandar. Kapal ini terdiri dari dua lantai. Lantai bawah layaknya restoran dengan kursi saling berhadapan yang dibatasi meja. Di bagian belakang ada bar dan toko kudapan. Kita bisa pesan minuman dan makanan ringan di sini.

London Bridge tepat di belakang saya. (Foto: Travel Today)

Saya memilih untuk naik ke lantai dua dan duduk di deret kursi paling depan. Udara dingin menusuk dan langit tampak berkabut. Tapi tidak mengurangi semangat saya untuk menikmati perjalanan wisata sungai ini.

Tour guide menjelaskan tempat-tempat bersejarah sepanjang perjalanan lewat pengeras suara. Gedung-gedung tua yang antik memenuhi sisi kiri dan kanan Sungai Thames. Terdapat pedestrian yang sangat nyaman buat pejalan kaki menyusuri tepi sungai. Sesekali mereka melambai ke arah kami. Begitu juga sesama penumpang cruise yang saling melewati di sepanjang sungai.

Dari Westminter menuju London Bridge, kita melalui beberapa jembatan yang didisain sangat cantik. Yang menarik di sini ada beberapa jembatan yang terpisah dan berdiri sendiri namun bersisian. Yaitu jembatan untuk kendaraan, untuk kereta maupun jembatan khusus untuk pejalan kaki.

Kita juga dapat melihat The Eye yang berdiri dengan megah, bersisian dengan gedung Theatre Srekh yang sangat digemari anak-anak. Lalu The Shard, gedung tertinggi di Eropa yang berbentuk pecahan kaca yang tajam ke atas. Gedung yang tampak berbentuk seperti Handy Talkie. Gedung Castle Tower of London. Menara kembar London Bridge. Kantor pemerintahan London. Kapal perang yang berada di tengah sungai dan telah menjelma menjadi destinasi wisata. Dan banyak gedung-gedung menarik lainnya.

Berbagai bangunan yang menjadi ikon London terlihat jelas dalam sekali perjalanan menyusuri Sungai Thames. (Foto: Travel Today)

Sementara dari London Bridge menuju Greenwich, kita akan disuguhi pemandangan rumah-rumah mewah tempat tinggal selebritas papan atas Inggris. Seperti rumah Gordon Ramsay, chef yang sangat terkenal, Daniel Radcliff pemeran utama Harry Potter, Emma Watson dan banyak selebritas lainnya. Juga beberapa istana tempat anggota kerajaan Inggris tinggal.

Sampai di Greenwich, banyak lagi tempat yang sangat menarik yang wajib dikunjungi. Ada Cutty Shark, museum kapal yang sangat besar. Sekolah Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Istana Greenwich tempat kelahiran para Raja dan Ratu Inggris. Dan jangan lupa singgah di Greenwich Market yang saya tulis pada surat sebelumnya.

Jika traveller berwisata ke London, cruise tour ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk menikmati pemandangan kota.

Zahrudin Haris

SHARE
Previous articleLondon Kota Teater
Next articleAyo Lari Wisata di Makassar!
Zahrudin Haris mencintai travelling sepenuh hati. Sudah banyak tempat yang ia singgahi baik di Indonesia dan mancanegara. Sebagai salah satu wujud rasa cintanya pada dunia wisata ia dirikan traveltodayindonesia.com

LEAVE A REPLY