Menyepi dan Berziarah di Makam Barnabas Sarikrama Sendangsono

0
59
Makam Barnabas Sarikrama, tokoh yang ikut serta membantu Pater van Lith, SJ seorang misionaris dalam membumikan katolik di tanah Jawa (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Makam Barnabas Sarikrama adalah makam yang terletak dalam satu kompleks dengan Peziarahan Umat Katolik yang sudah dikenal lama, yaitu Gua Maria Lourdes Sendangsono. Makam ini merupakan makam bagi orang-orang Katolik yang meninggal di lingkungan Sendangsono tersebut.

Namun, keberadaan makam ini menjadi tidak biasa, karena di kompleks makam ini juga dimakamkan seorang tokoh yang menjadi perintis misi Kekatolikan di tanah Jawa ini, yaitu Barnabas Sarikromo. Barnabas Sarikromo memang dikenal sebagai tokoh yang ikut serta dan membantu Pater van Lith, seorang misionaris Katolik di tanah Jawa ini, khususnya misi Katolik di Muntilan, Yogyakarta  dan Semarang serta sekitarnya.

Makam untuk Intensi Khusus

Travel Today Indonesia menyambangi untuk melihat khasanah tempat peziarahan umat Katolik ini. Makam Barnabas Sarikrama, memang terletak dalam satu kompleks dengan tempat Peziarahan Sendangsono, tempatnya asri dan rindang, berdekatan dan tidak jauh dari Gua Marianya. Memang, tidak semua orang Katolik yang berziarah mengetahuinya, karena makam ini hanya dikenal bagi yang tahu saja.

Makam berada satu kompleks dengan Gua Maria Lourdes Sendangsono (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Maka, kompleks Makam Barnabas Sarikrama ini memang tidak banyak dikunjungi, karena kebanyakan peziarah lebih memilih di Gua Maria Sendangsononya. Namun, kadang ada beberapa peziarah yang memang menyempatkan berziarah di makam ini. Biasanya, peziarah tersebut mempunyai intensi khusus, atau kepentingannya untuk menghormati karya-karya misi Kekatolikan di Jawa ini.

Salah Satu Wisata Spiritual Ziarah makam

Kompleks peziarahan Sendangsono memang sudah dikenal lama sebagai kompleks peziarahan umat Katolik yang termasuk favorit dengan berbagai ruang doa dan meditasinya yang asri, teduh dan kontemplatif. Maka, bagi Anda yang Katolik, jika berziarah ke Sendangsono, sempatkanlah untuk mampir dan berziarah sejenak dahulu di Makam Barnabas Sarikrama.

Makam ini berada di pemakaman keluarga di Sendangsono (Foto Purwono NA/Traveltoday)

Kompleks makam Jawa yang teduh dan memberikan nuansa pedesaan yang nyaman bagi Anda yang Katolik untuk berdoa. Tentu, berziarah makam, memang bukan semata-mata untuk memalingkan kepada hal-hal mistis, namun lebih-lebih untuk memeliharan semangat dan spirit bagi perjuangan tokoh yang dimakamkan, bagi kepentingan motivasi diri dan belajar kesejarahan.

LEAVE A REPLY